Perbaiki 5.000 Rumah di Gorontalo, Pemerintah Alokasikan Rp87, 5 Miliar

    Rizkie Fauzian - 15 September 2020 12:56 WIB
    Perbaiki 5.000 Rumah di Gorontalo, Pemerintah Alokasikan Rp87, 5 Miliar
    Kegiatan bedah rumah yang dilakukan di Gorontalo. Foto: Kementerian PUPR
    Gorontalo: Melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan rumah di wilayah Gorontalo.

    Adapun total anggaran untuk Program BSPS atau bedah rumah di Gorontalo sebesar Rp87,5 miliar yang tersebar di lima kabupaten/kota di Provinsi Gorontalo.

    Penyaluran dana Program BSPS di Gorontalo terbagi menjadi dua. Pertama, program BSPS Reguler Peningkatan Kualitas di Provinsi Gorontalosebanyak 3.000 unit dan melalui penyaluran National Affordable Housing Program (NAHP) Bank Dunia sebanyak 2.000 unit

    Program BSPS tersebut di salurkan di Kabupaten Gorontalo sebanyak 1.550 unit, Kabupaten Bone Bolango 879 unit, Kabupaten Pohuwato 520 unit, Kabupaten Gorontalo Utara 717 unit, Kota Gorontalo 553 unit, dan Kabupaten Bolaemo 781 unit.

    "Kami berharap ke depan program ini dapat lebih memberikan dampak yang lebih besar terhadap masyarakat ekonomi lemah dalam hal rumah yang tidak layak menjadi layak huni, dan ini akan mengurangi backlog rumah tidak layak huni di Kabupaten Bone Bolango khususnya dan umumnya di Provinsi Gorontalo," kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi I, Hujurat dalam keterangan tertulis, Selasa, 15 September 2020.

    Hujurat menjelaskan untuk memperbaiki rumah yang tidak layak huni, Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp17,5 juta per unit rumah kepada masyarakat.

    Dana tersebut terdiri dari Rp15 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk upah tukang. Sedangkan untuk kegiatan pembangunan baru adalah Rp35 juta yang terdiri dari Rp30 juta untuk bahan bangunan dan Rp5 juta untuk upah tukang.

    "Dalam penyaluran dana  BSPS ini tidak adanya pungutan biaya sama sekali. Jadi masyarakat bisa berswadaya dalam membangun rumahnya," ujarnya.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id