Porsi Kontraktor Asing Harus Dikurangi

    Antara - 27 Juni 2020 19:38 WIB
    Porsi Kontraktor Asing Harus Dikurangi
    Porsi kontraktor daru dikurangi pada proyek pembangunan. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menyerukan pentingnya penguatan rantai pasok nasional. Terutama dalam rangka meningkatkan kinerja sektor infrastruktur sekaligus melesatkan tingkat kemandirian bangsa pada masa pandemi covid-19.

    "Pandemi telah mendisrupsi rantai pasok global, kita harus memperkuat rantai pasok dalam negeri untuk memperkuat ketahanan domestik kita yang lebih mandiri," kata Ketua Umum PII Heru Dewanto dalam webinar, Sabtu, 27 Juni 2020.

    Menurut dia, ketergantungan pada penggunaan kontraktor asing untuk sejumlah proyek tertentu harus dikurangi, yang juga disertai dengan peningkatan kapasitas SDM insinyur yang canggih.

    Selain itu, Heru Dewanto juga mengingatkan bahwa kondisi pandemi telah membuat kontrak infrastruktur di sejumlah lokasi menjadi sorotan sehingga insinyur juga harus memahami dan menguasai berbagai aspek dalam kontrak infrastruktur.

    Ia berpendapat bahwa pandemi sekarang juga mengakibatkan permintaan terhadap pembangunan infrastruktur menurun sehingga membuat kontraktor juga mengalami kesukaran antara lain dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap infrastruktur.

    Pandemi membuat kontrak infrastruktur menjadi sorotan sehingga insinyur harus memahami dan menguasai kontrak infrastruktur. Menurutnya, capaian yang dihasilkan dari lompatan infrastruktur melalui kerja keras lima tahun terakhir harus dipertahankan dan tidak boleh tergerus pandemi.

    "Infrastruktur adalah pondasi bagi pemulihan ekonomi dan kemampuan daya saing di sektor-sektor lainnya," ungkap Heru.

    Ia juga menyatakan setelah pandemi tidak akan bisa lagi berparadigma back to business as usual sehingga berbagai pihak terkait perlu mendefinisikan perubahan apa yang akan terjadi dan mempersiapkan diri akan beragam perubahan tersebut.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id