Boleh Mengontrak Rumah, Asal...

    Rizkie Fauzian - 13 November 2020 19:12 WIB
    Boleh Mengontrak Rumah, Asal...
    Pertimbangkan hal ini saat akan mengontrak rumah. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Keinginan memiliki hunian adalah dambaan setiap orang. Namun, saat kondisi finansial belum kuat mengontrak adalah pilihan yang harus diambil.

    Harga rumah yang semakin tinggi di Ibu Kota, memaksa para pekerja dengan gaji pas-pasan untuk mengontrak rumah agar berdekatan dengan tempat kerja.

    Bagi Anda yang tinggal di lokasi yang jauh dari tempat kerja, serta membutuhkan hunian tempat tinggal selama satu tahun atau lebih, mengontrak merupakan pilihan yang tepat untuk dilakukan untuk sementara waktu.

    Demi kenyamanan beraktivitas sehari-hari, tidak ada salahnya untuk mengontrak dulu sembari mengumpulkan dana membeli rumah dalam beberapa tahun ke depan. Namun pertimbangkanlah beberapa hal berikut ketika mengontrak, dikutip dari Lifepal.co.id.

    1. Anda harus tahu sampai kapan akan mengontrak

    Jangan terlalu cepat memutuskan untuk mengontrak sebuah rumah sebelum Anda tahu berapa lama estimasi Anda tinggal di kontrakan dan di tahun berapa Anda akan mulai membeli atau mencicil rumah.

    Seperti yang dijelaskan di atas, mengontrak dan mencicil sama-sama akan menciptakan pengeluaran pasif. Namun mengontrak tidak akan disertai dengan penambahan aset.

    Terlalu lama mengontrak hanya akan menambah pengeluaran Anda.

    2. Harga sewa kontrakan Anda <½ dari penghasilan tahunan

    Dengan penghasilan bulanan Rp5 juta, maka jika disetahunkan penghasilan Anda adalah Rp60 juta. Maka carilah kontrakan yang biaya sewanya di bawah Rp30 juta per tahun (di bawah setengah dari gaji tahunan). Semakin murah tentunya semakin baik.

    Patut Anda ketahui bahwa semakin mahal biaya kontrakan, makin besar pula pengeluaran bulanan yang Anda.

    Ketika biaya sewa kontrakan dalam setahun adalah ½ dari penghasilan tahunan Anda, maka Anda akan kesulitan berinvestasi untuk tujuan jangka pendek, menengah, atau panjang.  Kecuali, pengeluaran bulanan Anda memang tidak besar atau hanya berkisar 30 persen dari penghasilan bulanan.

    3. Kontrakan Anda tidak jauh dari tempat kerja atau aktivitas

    Ketika lokasi kontrakan Anda jauh, sebut saja 25 km dari tempat aktivitas Anda, maka uang transportasi yang harus dipersiapkan menjadi semakin besar. Belum lagi, kenyamanan Anda pun terganggu.

    Kontrakan nyaman dengan harga murah dan sesuai bujet untuk mereka yang bergaji Rp5 juta, cukup banyak di wilayah tertentu di Ibu Kota. Yang pasti, bukan daerah elite. Bagi mereka yang saat ini masih harus bekerja di luar rumah, maka pastikan saja bahwa jarak antara kontrakan dan tempat kerja tidak lebih dari 20 km.

    Itulah saran bagi mereka yang bergaji Rp5 juta jika dihadapi pilihan antara menyewa atau mencicil rumah. Pastikan Anda telah membuat perhitungan yang baik sebelum membuat keputusan ini.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id