5 Usulan Pengembang ke BTN di Masa Pandemi

    Rizkie Fauzian - 21 Mei 2020 10:15 WIB
    5 Usulan Pengembang ke BTN di Masa Pandemi
    Pengembang meminta BTN untuk memberikan relaksasi bagi pegawai kontrak. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Pandemi virus korona (covid-19) telah memukul sektor properti. Daya beli masyarakat juga mulai menurun, akibatnya para pengembang mulai kesulitan memasarkan produknya sehingga penjualan turun drastis.

    Untuk itu, Real Estate Indonesia (REI) mengusulkan kepada PT Bank Tabungan Negara (BTN) sebagai bank penyalur kredit perumahan terbesar untuk memberikan restrukturisasi kredit untuk pengembang.

    "Restrukturisasi pembayaran cicilan pokok dan bunga selama enam bulan sampai dengan satu tahun segera diberlakukan bagi konsumen MBR maupun pengembang,"ungkap Ketua Umum DPP REI Paulus Totok Lusida dalam video konferensi dikutip Kamis, 21 Mei 2020.

    Selanjutnya, pengembang juga meminta penundaan sistem Remote Procedural Call (RPC) atau dikembalikan ke kantor cabang BTN terdekat selama masa pandemi ini. Hal tersebut karena kepala cabang biasanya setelah memperoleh data tidak langsung mengajukan.

    "Evaluasi yang diberikan oleh kantor cabang terkadang juga memakan waktu lama, kemudian baru diajukan RPC dan RPC memakan waktu lama," jelasnya.

    Kemudian untuk beberapa daerah diterapkan mekanisme akad kredit secara virtual selama masa physical distancing atau Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama pandemi.

    Pengembang juga meminta BTN untuk memberikan relaksasi untuk calon nasabah non-fix income atau pegawai kontrak agar pengajuan keduanya dapat diterima dengan catatan tertentu.

    "Keringanan suku bunga kredit konstruksi yang lebih rendah tiga persen kepada pengembang yang membangun perumahan untuk MBR. Dikarenakan kredit konstruksi yang dikenakan sama (bahkan lebih besar) dengan yang dikenakan terhadap pengembang besar," ujar Totok.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id