comscore

Catat, Ini Kewajiban yang Harus Dipenuhi Pemegang Hak Atas Tanah

Rizkie Fauzian - 07 April 2022 18:59 WIB
Catat, Ini Kewajiban yang Harus Dipenuhi Pemegang Hak Atas Tanah
Pemegang Hak atas Tanah (HAT) diwajibkan untuk menjaga serta memanfaatkan tanahnya seoptimal mungkin. Shutterstock
Jakarta: Pemegang Hak atas Tanah (HAT) diwajibkan untuk menjaga serta memanfaatkan tanahnya seoptimal mungkin sesuai dengan peruntukannya. Untuk mengurangi risiko pelanggaran pemanfaatan ruang, maka perlu dilakukan pengendalian dan pengawasan atas HAT yang telah diterbitkan. 

Oleh sebab itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (PPTR) melaksanakan Sosialisasi Petunjuk Teknis Pengawasan dan Pengendalian Hak Atas Tanah (HAT) dan Hak Pengelolaan. 
Direktur Pengendalian Hak Tanah, Alih Fungsi Lahan, Kepulauan, dan Wilayah Tertentu pada Ditjen PPTR Asnawati menjelaskan latar belakang terlaksananya kegiatan pengendalian dan pengawasan ini. 

Salah satunya, yaitu negara memberikan HAT disertai kewajiban yang harus dipenuhi dan larangan yang harus dipatuhi oleh pemegang hak. 

"Hak atas Tanah, di samping memberikan wewenang kepada pemegang hak, juga memberikan atau mensyaratkan kewajiban yang harus dipenuhi dan juga larangan yang harus dipatuhi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 7 April 2022.

Asnawati menambahkan beberapa pelanggaran yang dimaksudkan, yaitu penguasaan tanah melebihi batas hak, penguasaan tanah oleh yang bukan berhak, pemanfaatan tanah tidak sesuai dengan peruntukan pemberian hak.

Selanjtutnya, tanah tidak dimanfaatkan, tanda batas tidak terpasang dan terpelihara, pemegang Hak Guna Usaha (HGU) tidak membangun plasma, serta terjadi kerusakan lingkungan hidup. 

Asnawati juga mengungkapkan, ada beberapa sasaran dalam pelaksanaan pengendalian dan pengawasan HAT, yaitu tanah yang telah diberikan hak dapat diusahakan, dipergunakan, dan dimanfaatkan sesuai dengan keadaan atau sifat serta tujuan pemberian haknya.

Kemudian tercapai optimalisasi penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan semua tanah di wilayah Indonesia, terlaksananya pemantauan dan evaluasi terhadap pemenuhan hak dan kewajiban pemegang HAT serta tersusunnya rekomendasi hasil pemantauan dan evaluasi HAT. 

"Serta pemegang Hak atas Tanah memenuhi persyaratan, kewajiban, serta mematuhi larangan sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, dan sesuai yang tercantum dalam Surat Keputusan Pemberian Hak dan terlaksananya pengelolaan data dan informasi Hak atas Tanah," jelasnya. 

Kegiatan sosialisasi yang diikuti oleh seluruh Satuan Kerja Kementerian ATR/BPN ini diharapkan dapat menghasilkan strategi jitu. 

"Kegiatan pengendalian ini tidak kalah pentingnya dengan kegiatan lainnya. Maka, dengan itu kami mohon dengan sangat para peserta memiliki strategi jitu untuk dapat menyelesaikan semua kegiatan-kegiatan Pengendalian Hak atas Tanah," ungkapnya. 

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id