Hunian Berkonsep TOD Kian Diminati

    Angga Bratadharma - 07 Maret 2020 08:01 WIB
    Hunian Berkonsep TOD Kian Diminati
    Ilustrasi. FOTO: Shutterstock



    Bekasi: Bekasi menjadi pilihan memilih hunian karena merupakan kota penyangga yang paling dekat dengan Jakarta. Bahkan, ini menjadi solusi bagi para pekerja yang memiliki pekerjaan di ibu kota Jakarta.

    Hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD) diyakini akan memberikan solusi hunian di masa depan bagi masyarakat. Salah satunya melalui Transpark Juanda di kawasan superblock di Bekasi.

     



    Direktur Marketing PT Trans Property Fransiskus Afong mengatakan Transpark Juanda diharapkan bisa membantu masyarakat yang memiliki pekerjaan di Jakarta tapi membutuhkan tempat tinggal di luar ibu kota.

    Ia menambahkan lokasi Transpark Juanda terbilang strategis karena ada beberapa sarana transportasi. Kondisi ini diharapkan bisa berdampak posisif dari sisi penjualan.

    "Ini tentu menjadi kekuatan yang luar biasa untuk Transpark Juanda karena ini akan menjadi TOD City yang memberikan solusi hunian bagi masyarakat ke depan," kata Fransiskus, seperti dikutip dari keterangan tertulisnya, Sabtu, 7 Maret 2020.

    Dirinya mengungkapkan dalam lima tahun terakhir ini penggunaan TOD sangat signifikan, yakni melalui commuter line. Bahkan, pertumbuhannya bisa mencapai 20 persen. "TOD ini memberikan pelayanan karena ada fasilitas seperti kereta dan pelayanannya semakin baik," tukasnya.

    Adapun konsep TOD yang diusung didukung dengan keberadaan Light Rail Transit (LRT), commuter line, halte TransJakarta, Tol Bekasi Timur, Tol Becakayu, Tol Bekasi Barat, Railink (KA Bandara), Stasiun Bekasi Timur, dan Mass Rapid Transit (MRT).

    Sebelumnya, pemerintah mulai menerapkan konsep TOD di sejumlah lokasi di Jabodetabek. Namun demikian, penerapan TOD di Jabodetabek dinilai salah kaprah. Menurut pengamat transportasi Universitas Soegijapranata Djoko Setijowarno konsep TOD yang sebenarnya adalah pengembangan suatu wilayah yang berorientasi pada transit transportasi.

    Targetnya yaitu mengajak masyarakat untuk berjalan kaki atau meninggalkan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi. Konsep ini diterapkan di beberapa negara. Seperti Hong Kong, Singapura, dan Jepang. Tapi di Indonesia, TOD menjadi pembangunan apartemen dan gedung bisnis di stasiun kereta.

    "Jadi konsepsi TOD diaplikasikan berbeda dengan konsep yang sebenarnya," pungkasnya

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id