4 Tower Wisma Atlet Digunakan untuk Penanganan Korona

    Rizkie Fauzian - 19 Maret 2020 13:50 WIB
    4 Tower Wisma Atlet Digunakan untuk Penanganan Korona
    Wisma Atlet Kemayoran bakal difungsikan seagai tempat bagi pasien korona. Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Wisma Atlet Kemayoran yang berada di Jakarta Pusat bakal diubah menjadi tempat menampung pasien covid-19. Rencananya akan ada tiga tower yang digunakan untuk sebagai Rumah Sakit Covid-19.

    "Kita akan siapkan tahap pertama RS Covid-19 ini ada empat tower yang berada di Blok D-10, yakni tower 1, tower 3, tower 6 dan 7," ungkap Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid kepada Medcom.id, Kamis, 19 Maret 2020.

    Khalawi menjelaskan, pemanfaatan tower 6 mulai lantai 1 hingga 24 akan digunakan sebagai RS Darurat dan ruang rawat inap pasien. Kapasitas yang tersedia adalah 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang.

    Sementara tower 7, lantai 1 akan digunakan sebagai ruang IGD, lantai 2 untuk ruang ICU, lantai 3 untuk ruang refreshing, baru lantai 4 hingga 32 sebagai ruang rawat inap. Ada 886 unit yang dapat menampung 2.458 pasien.

    "Nanti di lantai 1, 2, dan 3 akan digunakan sebagai rumah sakitnya lah, baru di lantai 4 akan digunakan sebagai kamar. Untuk itu, kita sedang persiapkan, seperti mengganti seprai," jelasnya.

    Menurut Khalawi, dari empat tower Wisma Atlet yang bakal digunakan, dua di antaranya yakni tower 1 akan dipakai untuk petugas paramedis dan tower 3 untuk posko Gugus Tugas Penanganan covid-19.

    "Tower 1 itu lantai 1 hingga 24 akan digunakan untuk ruang dokter dan tenaga paramedis. Tower 3, lantai 1-24 akan digunakan Gugus Tugas Penanganan covid-19. Jumlah unit yang tersedia sebanyak 650 unit dan dapat menampung 1.750 orang," jelasnya.

    Proses pemeliharaan bangunan Wisma Atlet Kemayoran saat ini masih dikerjakan oleh Kementerian PUPR. Tak hanya itu, aset yang ada seperti lift serta berbagai meubelair seperti pendingin ruangan, meja kursi, lemari pakaian serta tempat tidur juga dikerjakan Kementerian PUPR.

    Proses pemeliharaan aset BMN Wisma Atlet Kemayoran tetap menjadi tanggung jawab Kementerian PUPR pascaajang Asian Games. Hanya saja pemanfaatan Wisma Atlet Kemayoran merupakan kewenangan dari pihak Setneg selaku pemilik BMN.

    Saat ini proses serah terima aset BMN memang memerlukan waktu, namun pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak Setneg sebagai pemilik lahan lokasi.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id