Pembangunan Infrastruktur Kerek Harga Rumah di Sejumlah Daerah

    Rizkie Fauzian - 19 Juni 2019 14:09 WIB
    Pembangunan Infrastruktur Kerek Harga Rumah di Sejumlah Daerah
    Pembangunan Infrastruktur kerek harga rumah. (Foto: Shutterstock)
    Jakarta: Pembangunan infrastruktur yang gencar dilakukan pemerintah berdampak terhadap perkembangan harga properti. Pada triwulan I-2019, tercatat kenaikannya mencapi 163,90 atau 7,34 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Housing Finance Center atau HFC yang merupakan unik riset dari BTN mencatat BTN House Price Index atau BTN HPI pada triwulan I 2019 juga terhitung lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
    "Tahun ini, kita optimistis harga properti semakin meningkat, seiring dengan diselesaikannya proyek-proyek infrastruktur yang telah digagas pemerintah," kata Direktur Utama Bank BTN Maryono di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu, 19 Mei 2019.

    Optimisme tersebut didasarkan pada data kenaikan BTN HPI yang terjadi di daerah dengan perkembangan infrastruktur yang pesat dan potensi pengembangan infrastruktur di wilayah tersebut, di antaranya Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Tengah, serta Jawa Timur. 

    Menurut data HFC, Maryono memaparkan setidaknya ada enam kabupaten/kota yang terekam memiliki BTN HPI di atas rata-rata BTN HPI Nasional yaitu Batang, Jawa Tengah (253,29), Jember- Jawa Timur (252,20), Batam-Kepri (232,28), Bantul-DI Yogyakarta (221,62), serta Banyumas-Jawa Tengah (232,28).

    Sementara itu, Jakarta Timur di peringkat ke enam meraih BTN HPI sebesar 215,50. Daerah tersebut mayoritas dilalui proyek infrastruktur yang baru diselesaikan seperti jalan tol, lintasan kereta, dan lain sebagainya.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id