Penggunaan Teknologi Modular untuk Fasilitas Covid-19

    Rizkie Fauzian - 18 Juni 2020 10:19 WIB
    Penggunaan Teknologi Modular untuk Fasilitas Covid-19
    RS Akademik UGM di Yogyakarta yang dibangun menggunakan teknologi modular. Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun sejumlah fasilitas infrastruktur guna mendukung penanganan pandemi covid-19 menggunakan teknologi modular. Salah satunya karantina di Pulau Galang dan RS Akademik UGM di Yogyakarta.

    Teknologi modular menggunakan metode pelaksanaannya memanfaatkan material atau komponen fabrikasi yang dibuat di luar lokasi proyek atau di dalam lokasi proyek, kemudian diinstal di lapangan.

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dukungan inovasi dan teknologi diperlukan dalam pembangunan infrastruktur untuk menjadi lebih baik, cepat, dan lebih murah.

    "Pemanfaatan teknologi yang tepat guna, efektif, dan ramah lingkungan juga didorong guna menciptakan nilai tambah dan pembangunan berkelanjutan sehingga manfaat infrastruktur dapat dirasakan generasi mendatang," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 18 Juni 2020.
    Penggunaan Teknologi Modular untuk Fasilitas Covid-19
    Teknologi modular. dok. Kementerian PUPR

    Keunggulan teknologi modular di antaranya adalah hemat waktu dan efisien karena sudah diproses dan dicetak di pabrik sehingga bisa langsung diinstall di lokasi pembangunan.

    Mutu beton yang dibuat secara modular juga lebih terjaga kestabilannya karena dibuat mengikuti standar tertentu. Penggunaan teknologi modular juga lebih ramah lingkungan dibanding dengan beton konvensional karena dibuat di tempat khusus dan terpisah sehingga limbah sisa pengerjaan tidak mencemari lingkungan.

    Kementerian PUPR telah membangun fasilitas observasi/karantina di Pulau Galang ini berhasil dirampungkan dalam waktu 30 hari, yakni 8 Maret 2020-6 April 2020.

    Kemudian menyelesaikan pembangunan Gedung Arjuna dan Gedung Yudhistira RS Akademik UGM sebagai rumah sakit rujukan covid-19 di Yogyakarta yang selesai dalam waktu 37 hari.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id