Reforma Agraria Memudahkan Petani dapat Sertifikat Tanah

    Rizkie Fauzian - 22 Juni 2020 10:58 WIB
    Reforma Agraria Memudahkan Petani dapat Sertifikat Tanah
    Pemanfaatan tanah untuk pemerataan ekonomi melalui reforma agraria. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Pemerataan ekonomi salah satu dilakukan melalui kebijakan Reforma Agraria. Kebijakan tersebut mengatur akses terhadap hak atas tanah dan akses permodalan.  

    Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan A. Djalil mengatakan pada hakikatnya tanah bukan sebagai komoditas ekonomi, tetapi hasil dari tanah itu.

    "Tanah memang diperuntukkan untuk petani tetapi diperlukan produktivitas dalam mengelolanya. Jika tidak nantinya justru akan menimbulkan masalah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin, 22 Juni 2020.

    Sofyan menjelaskan, Pemerintah menjalankan program Reforma Agraria untuk mewujudkan pemerataan ekonomi salah satunya dengan terus berupaya memberikan kemudahan dalam memberikan sertifikat tanah kepada petani.

    "Tidak sampai di situ saja, petani harus didorong untuk dapat meningkatkan kualitas dengan bekerja sama dengan korporasi sehingga tanah digunakan dengan baik," jelasnya.

    Sejauh ini sawit di Indonesia dipegang oleh 45 persen masyarakat dan menghasilkan kurang lebih 3 ton per hektare, sedangkan korporasi menghasilkan 7 ton perhektare.

    "Maka dibutuhkan dukungan korporasi dalam hal ini untuk meningkatkan produksi sawit. Karena korporasi bisa meningkatkan skala usaha pertanian sehingga berdampak pada membaiknya kesejahteraan petani," ujarnya.

    Tenaga Ahli Menteri ATR Bidang Landreform dan Hak Masyarakat Atas Tanah Andi Tenrisau mengatakan bahwa sejauh ini Kementerian ATR/BPN telah mendorong petani melalui kerja sama dengan koperasi.

    "Kedudukan kelembagaan petani harus dikuatkan dalam kegiatan Reforma Agraria melalui perdampingan kelembagaan tersebut," ungkapnya.

    Selain itu, mendorong koperasi dari petani pemilik Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) sehingga petani dapat bergabung dalam suatu lembaga yang kuat yang dapat dikelola secara efisien dari TORA yang telah diberikan oleh negara.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id