comscore

Pencarian Rumah Secara Online Didominasi Usia 25 hingga 34 Tahun

Rizkie Fauzian - 23 Desember 2021 12:55 WIB
Pencarian Rumah Secara <i>Online</i> Didominasi Usia 25 hingga 34 Tahun
Pencarian rumah secara daring mengalami peningkatan selama pandemi. Ilustrasi: Shutterstock
Jakarta: Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang properti (PropTech) Lamudi.co.id menutup Lamudi Property Fair (LPF) dengan konsep hybrid (online dan offline). LPF 2021 diikuti dua kali lebih banyak proyek properti dan 25 persen lebih banyak sales lead ketimbang semester sebelumnya. 

CEO Lamudi.co.id Mart Polman menyampaikan bahwa keberhasilan LPF 2021 menunjukkan rasa keoptimisan akan kembali bangkitnya sektor properti setelah menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi covid-19 pada 2020. 
"Lamudi.co.id melihat tren positif pada 2021, ini menunjukkan bahwa pandemi 2020 telah membantu akselerasi adopsi digital ke ranah properti yang akan menjadi poin penting dalam pertumbuhan sektor properti ke depannya," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis, 23 Desember 2021.

Di segi pengguna, Lamudi.co.id juga telah mengalami kenaikan di total pengguna di website sebesar 100 kali lipat dengan mayoritas pengguna berada pada klasifikasi umur 25 hingga 34 tahun, yakni kaum milenial dan generasi Z. 

"Ini merupakan perkembangan yang cukup signifikan karena menandakan bahwa generasi ini menunjukan makin terbukanya kaum milenial dan generasi Z terhadap PropTech yang terlihat semenjak 2014," jelasnya.

VP Corporate Sales Lamudi.co.id Michael Kauw juga menambahkan bahwa meski ada perubahan perilaku konsumen untuk beralih ke online, pihaknya menyadari bahwa preferensi para calon pembeli masih pada metode pendekatan hybrid. 

"Industri properti sudah mengalami digitalisasi, namun masih sangat penting untuk pengembang properti menghadirkan pengalaman yang konsisten di online maupun offline demi memberikan customer experience yang terbaik," ungkapnya.

Bagi beberapa calon pembeli properti, terutama yang lebih berpengalaman, interaksi secara langsung masih memiliki kontribusi terhadap pembangunan kepercayaan untuk mendorong mereka kembali sebagai returning customer.

Meningkatnya angka partisipasi proyek pada LPF 2021 juga menunjukan sebuah tren bahwa para pengembang properti dari seluruh Indonesia juga telah menyadari pentingnya menghadirkan pengalaman menyeluruh bagi calon pembeli. 

"Kerjasama puluhan proyek di LPF 2021 memberikan sebuah wadah dimana para developer di seluruh Indonesia dapat menjangkau demografi pencari properti baru melalui penyediaan layanan ujung ke ujung," ungkap Michael.

Lamudi.co.id mencatat bahwa 73 persen dari penggunanya memiliki preferensi pembelian rumah melalui kredit atau metode KPR dengan DP 6 sampai 10 persen. Oleh sebab itu, demi meningkatkan akses terhadap sumber pendanaan yang memadai telah menggandeng Bank Syariah Indonesia (BSI) sebagai mitra.

"Kami memiliki misi untuk mempermudah kepemilikan properti untuk semua orang, oleh karena itu kami berupaya untuk menggandeng mitra perbankan baru untuk memastikan bahwa para pengguna kami memiliki akses pendanaan yang memadai," ujar Mart.

Dirinya berharap bahwa LPF tahun depan dapat meningkatkan minat para pencari properti dengan menghadirkan sebuah pengalaman yang interaktif. Tahun depan LPF akan hadir dua kali pada semester I dan semester II dengan dengan konsep hybrid.

"LPF merupakan bentuk dari kontribusi kami kepada para pemangku kepentingan properti untuk menciptakan sebuah ekosistem yang bersifat simbiotik dimana semua para pemangku kepentingan properti dapat difasilitasi oleh kami dalam meningkatkan angka penjualan," ungkapnya.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id