comscore

Lotte World Tower, Gedung Tertinggi di Korea yang Menawarkan Pemandangan Indah

Antara - 15 Juni 2022 12:21 WIB
Lotte World Tower, Gedung Tertinggi di Korea yang Menawarkan Pemandangan Indah
Lotte World Tower atau Seoul Sky di Gangnam, Seoul. Foto: Designboom
Seoul: Lotte World Tower atau Seoul Sky di Gangnam, Seoul merupakan gedung tertinggi di Korea Selatan. Dengan ketinggian 555 meter dan 123 lantai, pencakar langit tersebut menyabet sebagai gedung tertinggi kelima di dunia.

Lotte World Tower mencakup hotel dan perkantoran yang dirancang oleh arsitek ternama Kohn Pedersen Fox Associates. Gedung ini juga menawarkan pemandangan panoramik kota Seoul karena dapat melihat Seoul dalam 360 derajat. 
Gedung ini dibuka untuk umum pada 11 April 2017, dan menjadi lokasi terbaik untuk melihat pemandangan gedung-gedung pencakar langit, pegunungan, hingga sungai Han di Seoul. Waktu terbaik untuk datang ke Lotte World Tower adalah menjelang matahari terbenam.
Lotte World Tower, Gedung Tertinggi di Korea yang Menawarkan Pemandangan Indah
Pemandangan Seoul dari gedung Lotte World Tower. Foto: Antara

Perubahan warna matahari di atas Seoul lalu berganti dengan kelap kelip lampu kota menjadi pemandangan yang sangat menakjubkan. Namun sebelum menikmati pemandangan tersebut, pengunjung juga perlu memperhatikan perkiraan cuaca agar datang saat hari cerah.

Meski pemandangan kota Seoul menjadi tawaran utama di Lotte World Tower, masih banyak lokasi di bangunan tersebut yang dapat dikunjungi dan dinikmati. Pertama adalah "basement floor" 2 (BF2) yang merupakan tempat pameran dengan beragam layar monitor yang menunjukkan teknologi yang digunakan dalam membuat Lotte World Tower.

Pengunjung juga dapat menikmati sejumlah pertunjukkan seni di berbagai layar monitor. Saat Antara berkunjung ke Lotte World Tower, di BF2 sedang ada pameran "Whale Blue Sky".
Di pameran tersebut ditunjukkan foto-foto paus sperma yang merupakan hewan terbesar dalam kelompok paus bergigi sekaligus hewan bergigi terbesar di dunia.
 Lotte World Tower, Gedung Tertinggi di Korea yang Menawarkan Pemandangan Indah
Gedung Lotte World Tower. Foto: Antara

Fotografer menangkap momen paus sperma dari dekat dan bahkan merekam suara yang dihasilkan paus sperma dan memperdengarkannya di ruangan pameran sehingga pengunjung seolah merasakan pengalaman yang sama saat sang fotografer mendekati paus sperma.

Di lantai BF2 juga jadi pintu masuk lift menuju lantai 118 atau lokasi "Sky Deck". Namun sebelum menuju lift tersebut, pengunjung dapat menengadah ke atas untuk menikmati warna-warni tampilan langit-langit istana di berbagai masa kerajaan Korea Selatan.

Lift yang digunakan untuk naik ke lantai 118 adalah lift istimewa karena merupakan lift tercepat dan tertinggi di dunia karena dapat membawa penumpang dari lantai BF2 hingga lantai ke-118 hanya dalam waktu satu menit. Kecepatan elevator tersebut adalah 600 meter per menit atau 10 meter per detik.

Di dalam lift mata penunjung juga dimanjakan dengan grafis video yang ditampilkan oleh 15 Organic Light-Emitting Diode (OLED) sehingga menampilkan gambar yang lebih superior dan rasio kontras yang tidak terbatas di tiga sisi elevator dan menciptakan ilusi berada di film 4D.
Lotte World Tower, Gedung Tertinggi di Korea yang Menawarkan Pemandangan Indah
Gedung Lotte World Tower. Foto: Antara

Animasi yang ditampilkan saat itu bercerita mengenai konstruksi Lotte Tower World. Pemandu yang menemani Antara mengunjungi Lotte Tower World meminta agar pengunjung mempersiapkan telinga mereka atau menggunakan penutup telinga saat di lift karena adanya perubahan tekanan udara.

Setibanya di lantai 118, atau lokasi "Sky Deck", pengunjung bisa merasakan melangkah di udara karena lantai transparan dari ketinggian 478 meter di atas tanah. "Sky Deck" itu sendiri memegang rekor dunia sebagai lantai kaca di ruangan tertinggi di atas permukaan tanah.

Lantai kaca setebal 45mm tersebut memungkinkan pengunjung merasakan seberapa tinggi saat itu berada. Pengunjung dapat berfoto dan bahkan melihat ke bawah, meski butuh keberanian untuk melakukannya. Dan juga jangan menatap terlalu lama karena bisa saja malah pusing sendiri apalagi bagi mereka yang tidak mahir dengan ketinggian.

Baca juga: Rampung Dibangun, Begini Penampakan Gedung Paling Ramping di Dunia

Dari lantai 118, pengunjung di bawa ke lantai 119 yaitu tempat "Sky Friends Dessert Cafe". Pengunjung dapat berisitirahat dan menikmati es krim dan camilan setelah merasakan sensasi ketinggian di "Sky Deck".

Tak perlu berlama-lama di lantai 119, di lantai 120 pengunjung dapat menemukan "Sky Terrace". "Sky terace" adalah lokasi dimana pengunjung dapat menikmati udara Seoul dari ketinggian 486 meter.

Di sana pengunjung dapat melangkah ke teras terbuka dan merasakan angin sepoi-sepoi di ketinggian ratusan meter. Ada dua teras terbuka di lantai ini, satu menghadap barat laut, yang lain menghadap tenggara.
 
Di lokasi inilah pengunjung dapat memandang keseluruhan kota Seoul dan bahkan bila ingin menargetkan lokasi tertentu untuk dijadikan tempat tinggal, dapat menunjuk tempat tersebut.

Di lantai 121 ada toko souvenir dan pengunjung juga bisa mengambil foto dengan tanda "I love Seoul Sky". Bila pengunjung lapar, bisa mampir di lantai 122 lokasi "Seoul Sky Cafe" untuk menikmati secangkir teh atau kopi.

Di lantai paling atas yaitu di lantai 123, ada bar premium yang menyediakan wine dan coktail untuk menikmati pemandangan kota. Pemandu menyarankan untuk datang ke restoran tersebut saat malam hari sehingga dapat merasakan kelap kelip lampu metropolitan Seoul.

Pengunjung yang ingin membeli kenang-kenangan dari ketinggian Seoul Sky dapat membelinya di toko souvenir di lantai 121 maupun di lantai Basement Floor 1 (BF1).

Sesungguhnya, sejak 24 Juli 2020, Lotte World Tower membuka "Sky Bridge Tour" yaitu tur menegangkan yang membawa pengunjung melintasi jembatan di antara dua bangunan di puncak Lotte World Tower. Pengunjung dapat melihat Seoul dari ketinggian 541 meter dari jembatan luar ruang.

Tur berlangsung selama satu jam dan terdiri dari 12 peserta per kelompok ditambah seorang seorang instruktur. Pengunjung yang berminat mengikuti tur tersebut harus mendaftar sehari sebelumnya. 

Sebelum tur, pengunjung pun diminta untuk menjalani latihan keselamatan di "Sky Station" lantai 117 dan memakai peralatan keselamatan termasuk "jumpsuit" merah cerah, helm dan "harness" pendakian.

"Harness" menempel di tali pengaman pada struktur luar untuk memastikan pengunjung mengalami pengalaman yang aman di Sky Bridge.

Mereka yang boleh mengikuti tur ini harus berusia lebih dari 12 tahun, berat badan tidak lebih dari 120 kilogram, tinggi lebih dari 140 cm, bukan orang yang memiliki tekanan darah tinggi, penyakit yang berhubungan dengan sistem otot dan yang sulit menggunakan tangga.

Biaya untuk mengikuti "Sky Bridge Tour" adalah sebesar 100 ribu won per orang, sudah termasuk untuk masuk ke observatorium, tur jembatan, dan foto yang dicetak. Uang yang dikeluarkan untuk pendirian Lotte World Tower sendiri adalah sebesar 400 juta dolar AS, belum termasuk pembangunan fasilitas mall yang berada di lantai BF1.

Lotte World Tower buka pada Minggu-Kamis pukul 10.00 - 22.00 waktu setempat sedangkan pada Jumat-Sabtu buka pukul 10.00 - 23.00 waktu setempat. 

Tiket dewasa (di atas 13 tahun) untuk menikmati pengalaman di Lotte World Tower adalah sebesar 27 ribu won sedangkan tiket anak-anak (3-12 tahun) adalah senilai 24 ribu won.
Tersedia juga tiket cepat sehingga tidak perlu mengantri untuk menaiki lift senilai 50 ribu won.

Berminat untuk melihat Seoul dari ketinggian Lotte World Tower?

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id