Sebanyak 117.302 Rumah Subsidi Masih Tersedia

    Rizkie Fauzian - 10 Agustus 2020 17:34 WIB
    Sebanyak 117.302 Rumah Subsidi Masih Tersedia
    117.302 rumah subsidi tersedia. Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian PUPR mencatat 141.700 unit rumah tapak subsidi terjual hingga kini. Jumlah tersebut tersebar di 11.091 lokasi perumahan.

    Sementara itu, 117.302 unit rumah tapak subsidi masih tersedia bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Informasi tersebut dapat diketahui melalui aplikasi Sikumbang.

    SiKumbang merupakan Sistem Informasi untuk Pengembang yang disediakan khusus bagi pengembang untuk memasukkan semua data perumahan subsidinya ke Sistem Informasi KPR Bersubsidi alias SiKasep.

    Rangkaian sistem yang dibangun oleh PPDPP, memiliki empat pintu dalam pelaksanaannya. Pintu pertama yang bisa diakses langsung oleh MBR melalui SiKasep menggambarkan dari sisi permintaan.

    Pintu kedua, pengembang yang memasukkan data perumahannya ke SiKasep melalui SiKumbang, data ini nantinya akan menggambarkan sisi suplai dari perumahan subsidi di Indonesia.

    Pintu ketiga, diperuntukkan bagi perbankan yang akan melakukan verifikasi data MBR melalui sistem host to host dan terakhir PPDPP di pintu keempat akan menyalurkan dana FLPP dan memonitoring pelaksanaannya.

    Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan big data pembiayaan perumahan yang dibangun PPDPP sudah bisa memperlihatkan sisi demand dan supply.

    "Berdasarkan data yang masuk dari 20 asosiasi pengembang ditambah dengan Perum Perumnas, yang bisa nantinya menjadi tolok ukur bagi pengembang, pemerintah daerah dalam menyediakan perumahan di daerah masing-masing," jelasnya dikutip dari laman resmi PPDPP, Senin, 10 Agustus 2020.

    Sementara itu, sebanyak 202.497 calon debitur alias masyarakat sudah mengakses SiKasep, 81.835 calon debitur sudah dinyatakan lolos subsidi checking, 11.352 calon debitur dalam proses verifikasi dengan bank pelaksana FLPP.

    Sebanyak 1.400 calon debitur sudah masuk dalam tahap proses pengajuan dana FLPP dari bank pelaksana ke PPDPP dan 78.896 MBR sudah menerima dana FLPP.

    Sementara itu, melalui SiKasep juga sudah terdaftar data Subsidi Selisih Bunga (SSB) yang dikelola oleh Ditjen Pembiayaan Infrastruktur yang saat ini dengan periode yang sama tercatat, sebanyak 17.291 calon debitur dalam proses verifikasi bank pelaksana SSB, 3.198 calon debitur sudah dalam pengajuan dana SSB, dan sebanyak 5.584 debitur sudah menerima SSB.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id