Strategi Jitu Tarik Investor Membiayai Perumahan

    Rizkie Fauzian - 13 November 2019 12:00 WIB
    Strategi Jitu Tarik Investor Membiayai Perumahan
    Skema pembiayaan perumahan bersubsidi. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menetapkan beberapa strategi untuk mendorong pembangunan program perumahan rakyat. Salah satunya mengembangkan skema pembiayaan yang menarik bagi investor.

    "Strateginya antara lain dengan mengembangkan pembiayaan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dan skema lainnya," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi V DPR RI di Senayan, Jakarta, Selasa, 12 November 2019.

    Sementara itu, strategi pembangunan infrastuktur antara lain meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) melalui sertifikasi tenaga kerja konstruksi dan program link and match (magang) yang mempertemukan industri jasa konstruksi dan dunia pendidikan.

    Kementerian PUPR juga akan memperkuat dan membuka peluang kerja bagi kontraktor nasional atau lokal dengan melakukan pembinaan melalui regulasi dan kebijakan pamaketan. 

    "Kami juga akan melaksanakan strategi penggunaan material dan pelatan produksi dalam negeri yang memberikan nilai tambah dalam setiap infrastruktur yang terbangun sehingga dapat mengurangi ketergantungan impor," jelasnya.

    Selain itu, Kementerian PUPR juga menyederhanakan regulasi dan birokrasi dengan revisi Peraturan menteri (Permen) PUPR yang menghambat dan mempercepat pengadaan barang dan jasa melalui lelang dini agar infrastruktur diselesaikan tepat waktu dan tetap menjaga kualitas kontruksi," ungkapnya.

    Strategi pembangunan lainnya melanjutkan pembangunan infrastruktur 2015-2019 untuk mendukung pengembangan wilayah, seperti Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Industri, Kawasan Bandara/Pelabuhan, dan kawasan produktif lainnya.




    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id