Gedung Pencakar Langit di Tiongkok Bertambah Tiap Tahun

    Anggi Tondi Martaon - 11 November 2019 08:11 WIB
    Gedung Pencakar Langit di Tiongkok Bertambah Tiap Tahun
    Tiongkok tambah koleksi gedung tinggi setiap tahun. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Peradaban Tiongkok terus berkembang, termasuk dari segi arsitektur. Maka tak heran, dari sekian banyak gedung pencakar langit di dunia, sebagian besar ada di Negeri Tirai Bambu itu.

    Menariknya, membangun gedung pencakar langit seperti sebuah hobi bagi Negeri Tirai Bambu itu. Sebab, Tiongkok selalu memiliki koleksi gedung pencakar langit setiap tahun semenjak 2015.

    Dikutip dari CNN, berikut gedung pencakar langit yang ada di Tiongkok.

    1. Shanghai Tower

    Shanghai Tower merupakan gedung paling tinggi yang ada di Tiongkok dan kedua di dunia. Bangunan yang memiliki tinggi 632 meter itu memiliki visual menarik, yaitu berbentuk spiral memutar ke langit.

    Pembangunan dengan tampilan spiral itu dimaksudkan untuk mendukung ketahanan bangunan terhadap berbagai faktor, salah satunya terhadap angin.

    Shanghai Tower yang rampung 2015 ini difungsikan untuk berbagai keperluan. Di antaranya, toko ritel, restoran, dan hotel.

    2. Guangzhou CTF Finance Centre

    Tak lama setelah meresmikan Shanghai Tower, pada 2016 Tiongkok menambah koleksi gedung pencakar langit yaitu Guangzhou CTF Finance Centre.

    Guangzhou CTF Finance Centre dibangun menghadap Sungai Pearl. Selain unggul dari sektor ketinggian, bangunan setinggi 530 meter itu juga diklaim memiliki lift tercepat di dunia.

    3. Ping An Finance Center

    Pada 2017, Negeri Tirai Bambu itu meresmikan bangunan pencakar langit terbarunya, yaitu Ping An Finance Center. Bangunan di Shenzhen tersebut didapuk jadi yang tertinggi kedua di Tiongkok, yaitu 599,1 meter.

    Selain itu, desain Ping An Finance Center juga dibuat unik. Gedung yang memiliki 115 lantai itu dibuat lebih ramping. Bahkan, perbandingan lebar dengan tingginya mencapai 1:10.

    4.  CITIC Tower

    Tak puas dengan ketiga koleksi di atas, pada 2018 Tiongkok kemudian menambah gedung pencakar langitnya dengan meresmikan CITIC Tower dengan ketinggian 527 meter.

    Tak hanya mengandalkan ketinggian, desain bangunan CITIC Tower juga dibuat sangat unik. Bagian atas dan bawah bangunan dibuat lebih lebar daripada bagian tengah bangunan.

    CITIC Tower memiliki 109 lantai. Bangunan itu juga dilengkapi dengan 101 lift.

    5. Tianjin CTF Finance Centre

    Gedung yang baru diresmikan tahun ini memiliki ketinggian 530 meter. Bangunan serbaguna tersebut memiliki 96 lantai yang meliputi perkantoran, hotel, hingga apartemen.

    Fasadnya menyerupai kurva yang bergelombang. Hal tersebut berguna untuk meminimalkan kekuatan angin pada struktur bangunan. 

    Dirancang oleh Skidmore, Owings & Merrill untuk memenuhi standar bangunan hijau.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id