Usai Pemilu, Pencarian Properti Meningkat

    Rizkie Fauzian - 30 April 2019 17:59 WIB
    Usai Pemilu, Pencarian Properti Meningkat
    Industri properti mulai bergairah pasca Pemilu 2019. (Foto: Shutterstock)
    Jakarta: Usai Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, industri properti diperkirakan mulai bergairah kembali. Hal tersebut terlihat dari pencarian properti pada platform OLX.

    Dari hasil pantauan, aktivitas pencarian properti beberapa hari setelah dilangsungkannya pemilihan legislatif dan presiden terdapat kenaikan.

    Head of Real Estate Category OLX Indonesia Ignasius Ryan Hasim mengatakan bahwa kenaikan jumlah pencari properti di OLX ditemukan pada beberapa jenis properti. 

    "Angka pencarian properti naik untuk sub kategori rumah, tanah, dan bangunan komersial," ujar Ignasius, dalam keterangan tertulis, Selasa, 30 April 2019.

    Kenaikan pencarian untuk rumah dan tanah mencapai 24 persen, sementara untuk bangunan komersial sebesar 14 persen.

    Dari sisi suplai, angka kenaikan jumlah iklan hanya muncul dari sub kategori tanah, sebesar 27 persen. Pada sub kategori rumah dan bangunan komersial, kenaikan belum signifikan.

    "Masyarakat masih melihat keadaan untuk melepas properti berbentuk bangunan, seperti rumah ataupun bangunan komersial. Kemungkinan mereka masih menunggu beberapa saat lagi sebelum memutuskan untuk menjual propertinya," ujar Ignasius. 
     
    Hal sama juga diungkapkan platform pencarian properti Rumah.com yang turut optimistis terhadap pergerakan pasar industri properti pada pemerintahan baru nantinya.

    Menurut Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan, diperkirakan akan adanya peningkatan transaksi pembelian properti, khususnya para konsumen KPR pada kuartal ketiga 2019 nanti. 

    "Pengguna KPR baru akan naik usai pemilu, bulan Ramadan, Idul Fitri, dan tahun ajaran baru sekolah karena masyarakat cenderung akan lebih memprioritaskan dana untuk penggunaan yang konsumtif," kata dia.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id