comscore

2.989 Sertifikat Tanah Dibagikan di Kabupaten Tangerang

Rizkie Fauzian - 18 Maret 2022 12:15 WIB
2.989 Sertifikat Tanah Dibagikan di Kabupaten Tangerang
Menteri Sofyan Djalil menyerahkan sertifikat tanah di Kabupaten Tangerang. Foto: Kementerian ATR
Banten: Masalah pertanahan yang melibatkan masyarakat di wilayah Pantai Utara, Kabupaten Tangerang kini telah terurai. Sebagai tindak lanjut, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memberikan jaminan kepastian hukum hak atas tanah masyarakat di wilayah tersebut. 

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil menyerahkan 2.989 sertifikat tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Babakan Asem, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.
Sofyan mengatakan Kementerian ATR serius menyelesaikan permasalahan sengketa pertanahan di Indonesia, salah satunya di Desa Babakan Asem. 

"Saya meminta jajaran melakukan penyelesaian dan akhirnya semua bisa terurai. Kita mampu menyelesaikan masalah tersebut dengan cukup baik, Nomor Identifikasi Bidang (NIB) yang tidak legal kita batalkan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 18 Maret 2022. 

Lebih lanjut, Sofyan mengatakan jika ada masyarakat yang ingin menjual tanahnya, akan lebih adil karena semua tanah sudah terjamin kepastian hukumnya. 

"Sekarang tidak ada lagi sengketa. Kalau masyarakat mau menjual secara sukarela ke perorangan atau pelaku usaha silakan, karena akan mendapatkan haknya secara fair, tidak ada lagi sengketa karena sudah bersertipikat," ungkapnya. 

Oleh kerana itu, program PTSL ini merupakan solusi terbaik memberikan kepastian hukum guna menghindari konflik atau sengketa. 

"Program PTSL ini program yang memberikan kepastian hukum. Kalau semua tanah sudah bersertipikat, investasi lebih terjamin. Kami punya target, tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia sudah terdaftarkan," ujarnya. 

Untuk diketahui, sertifikasi tersebut merupakan keluaran dari langkah penyelesaian indikasi tumpang tindih sejumlah NIB ganda yang muncul 2020 pada bidang-bidang tanah di wilayah Pantai Utara, Kabupaten Tangerang. 

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Rudi Rubijaya mengatakan, pihaknya telah mengatasi permasalahan penguasaan bidang tanah di wilayah Pantai Utara Kabupaten Tangerang. 

"Penyelesaian permasalahan tersebut ditindaklanjuti dengan memberikan kepastian hukum hak atas tanah. Dengan penetapan Desa Babakan Asem ke dalam program PTSL Tahun Anggaran 2021 dengan realisasi sebanyak 2.489 bidang dan pada Tahun Anggaran 2022 dengan realisasi sebanyak 500 bidang. Artinya, sebanyak 2.989 sertifikat tanah siap dibagikan kepada masyarakat," ungkapnya. 

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar sangat mengapresiasi kinerja Kementerian ATR/BPN dalam menyelesaikan permasalahan dan kemudian dilakukan penyerahan sertifikat ini. 

"Saya sangat mengapresiasi kinerja BPN khususnya di Kabupaten Tangerang, ini memberikan kepastian kepada masyarakat terhadap bidang tanah yang memang dimiliki dan tentu saja ini juga sesuai dengan amanat Undang-Undang," katanya. 

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id