Pasa Ateh Bukittinggi Dibangun dengan Konsep Green Building

    Rizkie Fauzian - 18 Juni 2020 18:22 WIB
    Pasa Ateh Bukittinggi Dibangun dengan Konsep <i>Green Building</i>
    Pasa Ateh didesain dengan konsep green building . Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan kembali (rekonstruksi) Pasa Ateh (Pasar Atas) Kota Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

    Pasa Ateh didesain dengan konsep green building sehingga sirkulasi udara di dalam pasar menjadi lebih baik karena tidak memerlukan pendingin ruangan yang membuat gedung ini hemat energi. Pasa Ateh juga dibangun menggunakan material ramah lingkungan, pengelolaan limbah konstruksi yang baik serta konservasi air dan energi.

    "Pasa Ateh memiliki peranan yang penting bagi perekonomian masyarakat Kota Bukittinggi. Pasa Ateh juga memiliki nilai sejarah karena Bukittinggi pernah menjadi Ibu Kota Sementara Republik Indonesia," kata Wakil Menteri PUPR Jhon Wempi Wetipo, Kamis, 18 Juni 2020.

    Rekonstruksi Pasa Ateh Bukittinggi terdiri dari empat lantai dan satu basement dengan luas total 39.720 meter persegi. Lantai dasar terdiri dari 257 kios, lantai 1 terdiri dari 278 kios, lantai 2 terdiri dari 276 kios, lantai 3 terdiri dari 24 kios dan area food court.

    Pasa Ateh Bukittinggi juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti area parkir, toilet umum dan toilet untuk difabel, musala, ruang untuk ibu menyusui, lift, dan eskalator.

    Rekonstruksi Pasa Ateh Bukittinggi dimulai pada 21 Agustus 2018 dan selesai pada 31 Desember 2019 dengan anggaran Rp292 miliar. Rekonstruksi ini dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya KSO PT Penta Rekayasa dan manajemen konstruksi oleh PT Deta Decon dengan kontrak tahun jamak 2018-2019.

    Sebelumnya, kondisi sarana dan prasarana Pasa Ateh Bukittinggi ini kurang optimal dan mengalami empat kali kebakaran. Kebakaran terakhir yang menghanguskan ratusan kios di dalamnya terjadi pada Oktober 2017.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id