comscore

Telan Biaya Rp17,9 Miliar, Begini Potret Rusun Mahasiswa di Pekanbaru

Rizkie Fauzian - 14 Maret 2022 18:59 WIB
Telan Biaya Rp17,9 Miliar, Begini Potret Rusun Mahasiswa di Pekanbaru
Rusun STAI H.M Lukman Edy (STAILe). Foto: Kementerian PUPR
Riau: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rumah susun (Rusun) Sekolah Tinggi Agama Islam H. M Lukman Edy (STAILe) di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Rusun ini dijadikan asrama plus dengan berbagai fasilitas belajar lengkap di dalamnya.

"Pembangunan rusun untuk para mahasiswa kami laksanakan guna menigkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia khususnya para generasi muda yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto dalam keterangan tertulis, Senin, 14 Maret 2022.
Menurut Iwan, rusun yang dibangun pemerintah saat ini memiliki kualitas yang sangat memadai. Selain konstruksi bangunan vertikal yang baik, fasilitas di dalam unit rusun tersebut juga sangat memadai sehingga mahasiswa yang menghuni rusun bisa fokus belajar.

"Rusun mahasiswa yang dibangun Kementerian PUPR ini memiliki fasilitas yang memadai. Rusunnya punya nilai plus yakni tidak hanya sebagai asrama tapi didalamnya juga sudah lengkap dengan tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi belajar sehingga mereka tinggal masuk ke rusun dan belajar dengan giat," jelasnya.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera III Zubaidi mengungkapkan, Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR juga telah melaksanakan serah terima pemanfaatan, pengelolaan dan penghunian rusun STALe kepada Yayasan Laman Emas Riau Bangkit.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau Balai P2P Sumatera III, menjelaskan bahwa pembangunan rusun STAI  H.M Lukman Edy  (STAILe) berlokasi di Jalan Budi Luhur, Kulim, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru. 

Rusun tersebut terdiri dari satu tower setinggi tiga lantai dengan hunian tipe 24 sebanyak 42 unit. Rusun tersebut dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau dengan Kontraktor Pelaksana Pembangunan PT. Murda Jaya Abadi dan Konsultan Manajemen Konsultan PT. Surya Cipta Engeneering KSO CV. Duta Prima. 

Rusun tersebut juga dilengkapi dengan meubelair serta fasilitas air bersih, instalasi listrik, sebanyak serta toilet di masing- masing unit hunian. 

"Pembangunan rusun yang dibangun dengan anggaran senilai Rp17,9 miliar tersebut telah selesai tepat waktu sehingga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang kegiatan mahasiswa," katanya.  

Sementara itu, Ketua Yayasan Laman Emas Riau Bangkit Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) H.M Lukman Edy, Dr. Muhammad Darwis menyatakan, bantuan rusun dari Kementerian PUPR ini sangat membantu para mahasiswa untuk dapat asrama yang baik dan sehat. 

Pihaknya berjanji akan segera melakukan penghunian apalagi jumlah mahasiswa yang ada saat ini cukup banyak. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang sudah membangun Rusun yang memiliki kualitas dan fasilitas yang baik. Kami berharap dengan adanya Rusun ini para mahasiswa bisa belajar dan tinggal di asrama yang nyaman," ujarnya.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id