762 Orang Ikuti Sayembara Desain Ibu Kota Baru

    Desi Angriani - 22 Oktober 2019 14:50 WIB
    762 Orang Ikuti Sayembara Desain Ibu Kota Baru
    mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Foto: dok MI/Panca Syurkani.
    Jakarta: Sebanyak 762 orang mengikuti desain kawasan ibu kota baru. Sayembara tersebut terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) maupun non WNI dan dapat diwakili oleh perseorangan atau kelompok.

    "Progres sayembara ibu kota baru sekarang di lapangan 762 peserta," kata mantan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 22 Oktober 2019.

    Menurutnya, antusiasme peserta bukan didasari oleh nominal hadiah yang disiapkan pemerintah. Namun lebih karena gengsi dan partisipasi dalam pemindahan ibu kota.

    "Karena keinginan atau gengsi masuk 10 besar ahli saja membanggakan mungkin hal itu saja," ungkapnya.

    Persyaratan umum dari sayembara antara lain, peserta memiliki kompetensi/keahlian dalam bidang arsitektur. Selain itu, peserta memiliki perencanaan wilayah dan kota, dan/atau perancangan kota, serta memiliki minimal sertifikat keahlian (SKA) Madya arsitektur atau perencanaan kota yang berlaku.

    Adapun desain yang diajukan harus memenuhi tiga kriteria umum, yaitu mencerminkan identitas bangsa, menjamin keberlanjutan lingkungan, sosial dan ekonomi dan mewujudkan kota yang cerdas, modern, dan berstandar internasional.

    Dalam prosesnya, penjurian sayembara bersifat tertutup melalui tiga tahap. Tahap pertama, evaluasi administrasi dan penjurian. Tahap kedua, menjaring lima peserta dengan nilai terbaik dan tahap ketiga didapatkan tiga pemenang.

    Setiap pemenang berhak atas piagam penghargaan dan hadiah uang total Rp5 miliar. Rinciannya:

    Pemenang I mendapat Rp2 miliar.
    Pemenang II mendapat Rp1,25 miliar.
    Pemenang III mendapat Rp1 miliar.
    Juara harapan I mendapat Rp500 juta.
    Juara harapan II mendapat Rp250 juta.

    Desain pemenang pertama dapat digunakan seluruhnya atau sebagian, dan/atau dikombinasikan dengan karya pemenang lainnya. Pemenang juga akan disertakan dalam Tim Perencanaan dan Perancangan Kawasan Ibu Kota Negara (IKN) untuk penyusunan dan pengembangan dokumen Urban Design.

    Adapun pendaftaran dimulai pada 3-18 Oktober 2019. Penjurian tahap pertama akan dilakukan pada 9-11 Desember 2019. Penjurian kedua pada 11-13 Desember 2019.

     



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id