Pemda Bisa Ajukan Usulan Program Perumahan Lewat Aplikasi

    Rizkie Fauzian - 03 Desember 2020 14:46 WIB
    Pemda Bisa Ajukan Usulan Program Perumahan Lewat Aplikasi
    Pemda bisa mengajukan program perumahan melalui aplikasi. Foto: Kementerian PUPR
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta pemerintah derah (Pemda) untuk mengajukan usulan program perumahan bagi masyarakat di daerah melalui aplikasi Sistem Informasi Bantuan Perumahan (SIBARU).

    Adanya SIBARU diharapkan dapat mengintegrasikan sistem Program Sejuta Rumah sekaligus mempermudah pemerintah pusat dan daerah untuk koordinasi program perumahan, memangkas waktu dan pengajuan proposal serta mendorong pengawasan program perumahan untuk masyarakat di daerah .

    "Kementerian PUPR kini memiliki SIBARU untuk mendorong pembangunan rumah untuk masyarakat khususnya Program Satu Juta Rumah. Sistem tersebut merupakan upaya pemerintah untuk mendorong pembangunan hunian dan menjadi bagian dari era baru pengusulan bantuan perumahan di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dalam keterangan tertulis, Kamis, 3 Desember 2020.

    Khalawi menerangkan, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Perumahan terus berupaya melakukan inovasi-inovasi dan mengajak pemerintah daerah untuk lebih bersemangat dalam melaksanakan Program Satu Juta Rumah di seluruh Indonesia. Hal itu dikarenakan pembangunan rumah yang layak huni  merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi.

    SIBARU, imbuhnya, merupakan salah satu upaya Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR untuk mengintegrasikan seluruh sistem perumahan yang ada ada saat ini. Beberapa sistem perumahan yang diintegrasikan ke dalam SIBARU antara lain Sistem Informasi Rumah Susun (Sirusun), Sistem Informasi Rumah Khusus (Sirusus), Sistem Informasi Rumah Umum dan Komersial (SiRUK) dan E-RTLH.

    "Jadi masyarakat bisa mengakses dan memohon bantuan perumahan melalui Pemerintah Daerah lewat SIBARU ini.  Jadi nantinya Pemda tidak perlu lagi mengirim proposal tapi bisa mengusulkan proposal dan masuk ke sistem ini. Setelah usulan bantuan perumahan dari Pemda masuk ke SIBARU, kami akan verifikasi dengan tingkat prioritasnya dan kebijakan pemerintah untuk membangun rumah yang layak bagi masyarakat,” terangnya.

    Ke depan, Kementerian PUPR segera memanfaatkan SIBARU untuk mengawasi kondisi perumahan pembangunan perumahan yang dibangun baik fisik bangunan dan kualitasnya. Selain itu juga memantau pergerakan pembangunan perumahan di daerah khususnya untuk mendorong capaian Program Satu Juta Rumah.

    "Kami berharap seluruh masyarakat Indonesia ke depan dapat tinggal di rumah yang layak huni," ungkanya.

    Aplikasi SIBARU ini merupakan perwujudan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik terpadu pada Direktorat Jenderal Perumahan yang dapat diakses secara online dan real time kapanpun dan dimanapun berada, sehingga diharapkan dapat memudahkan, cepat, transparan, efektif, efisien, akuntabel, dapat dipertanggungjawabkan, serta terdokumentasi dengan baik secara digital.

    Masyarakat dan pemerintah daerah dapat mengakses aplikasi SIBARU melalui mesin pencari (browser internet) dengan mengetikkan laman sibaru.perumahan.pu.go.id atau dengan mengklik tombol SIBARU pada bagian aplikasi di website Direktorat Jenderal Perumahan yakni www.perumahan.pu.go.id.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id