comscore

Data Belum Update, Banyak PNS Belum Manfaatkan Dana Tapera

Rizkie Fauzian - 09 Juni 2022 10:13 WIB
Data Belum <i>Update</i>, Banyak PNS Belum Manfaatkan Dana Tapera
PNS diajak gunakan fasilitas pembiayaan rumah dari BP Tapera. Foto: Kementerian PUPR
Jakarta: Dalam rangka mendorong para Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk dapat memiliki rumah pertamanya, Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) bekerja sama dengan Dewan Pengurus KORPRI Nasional. Kerja sama ini bertujuan agar para PNS dapat memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan pemerintah dalam rangka pemenuhan hunian pertamanya melalui BP Tapera. 

Untuk dapat memanfaatkan fasilitas tersebut, peserta Tapera perlu untuk melakukan pemutakhiran data. Manfaat dari pemutakhiran data ini, adalah peserta dapat mengetahui saldo tabungan terkini, menentukan prinsip pengelolaan dana apakah dikelola secara konvensional atau syariah. 
Selain itu juga peserta dengan melakukan pemutakhiran data dapat merencanakan dan memilih pemanfaatan pembiayaan perumahan Tapera dan nantinya simpanan peserta akan dikembalikan beserta hasil pemupukan ketika kepesertaan berakhir.

Baca juga: BP Tapera Salurkan Pembiayaan FLPP Rp9,09 Triliun untuk 81.846 Rumah

Peserta Tapera yang saat ini telah melakukan pemutakhiran data per 31 Mei 2022 adalah sebanyak 1.076.907 atau 23,59 persen Kementerian dan 26,18 persen untuk Badan dan Lembaga, dari jumlah total peserta aktif sebanyak 3.874.477 peserta.

Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional (DPKN) Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan bahwa PNS masih sedikit yang memanfaatkan pemanfaatan dana dari BP TAPERA. Untuk itu, dirinya memberikan dukungan terhadap program BP Tapera dalam rangka melakukan pemutakhiran data peserta oleh para PNS,

Zudan juga mengajak para PNS untuk segera melakukan pemutakhiran data, agar bisa memanfaatkan pembiayaan dari Tapera. Seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Renovasi Rumah (KRR) dan Kredit Bangun Rumah (KBR).

"Saya mengimbau kepada dewan pengurus Korpri semua tingkatan untuk menginformasikan dan mengajak seluruh anggotanya segera melakukan pemutakhiran data pada portal SITARA yang telah disediakan oleh BP Tapera dan dapat diakses di https://sitara.tapera.go.id/," ungkapnya dikutip dari laman resmi, Kamis, 9 Juni 2022.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto berharap kepada peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut agar dapat meneruskan informasi yang ada kepada seluruh PNS yang belum berkesempatan hadir. Selain itu, dia juga mengharapkan dukungan data dari dewan pengurus KORPRI Nasional karena lebih memahami kondisi dan kebutuhan para anggotanya. 

Baca juga: Taspen Gandeng BP Tapera Beri Kemudahan ASN Beli Rumah

"Kami membutuhkan data pemetaan kebutuhan rumah seluruh PNS di tanah air, khususnya pada seluruh anggota KORPRI baik dalam tingkatan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," kata Adi Setianto.

Nantinya data yang diperoleh dari KORPRI tersebut dapat menjadi salah satu masukan bagi BP Tapera untuk mempertemukan supply dan demand perumahan, agar bantuan pembiayaan perumahan disalurkan dengan tepat sasaran;

Hingga akhir Mei 2022 ini BP Tapera tercatat telah merealisasikan akad pembiayaan perumahan sebanyak 846 unit, atau setara dengan Rp126,65 Miliar. Di tahun 2022 ini BP Tapera menyediakan anggaran sebesar Rp2,95 Triliun untuk disalurkan kepada para PNS yang belum memiliki rumah pertama atau untuk kebutuhan renovasi dan membangun.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id