Tiga Wilayah Jadi Contoh Pengembangan Perkotaan

    Antara - 16 Juni 2020 21:41 WIB
    Tiga Wilayah Jadi Contoh Pengembangan Perkotaan
    Pengembangan perkotaan bakal mewakili wilayah Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah atau BPIW memastikan kota-kota yang masuk program National Urban Development Project (NUDP) akan mewakili wilayah Indonesia bagian Barat, Tengah dan Timur.

    "Dalam struktur organisasi BPIW yang baru, terdapat tiga pusat baru yang fokus utamanya menangani pengembangan di tiga wilayah Indonesia tersebut (Barat, Tengah dan Timur)," ujar Kepala BPIW Hadi Sucahyono dalam keterangan tertulis, Selasa, 16 Juni 2020.

    Hadi menjelaskan bahwa BPIW akan memfasilitasi pelaksanaan NUDP pada tiga kota wilayah tersebut. Kota-kota peserta itu diharapkan menjadi kota percontohan bagi kota-kota di wilayahnya.

    Sedangkan Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III BPIW M Rudy Siahaan mengatakan bahwa NUDP merupakan program kerja sama Pemerintah Indonesia dengan Bank Dunia.

    "Dalam NUDP terdapat enam tahapan yakni fase 2019 hingga 2024 dengan total efektivitas pelaksanaan mencapai 60 bulan," ungkapnya.

    Pelaksanaan NUDP akan meliputi penyusunan perencanaan penyediaan perumahan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), penanganan kawasan kumuh, air minum perkotaan, persampahan, sanitasi perkotaan, sistem transportasi perkotaan, drainase, penanganan banjir dan tanggap bencana.

    Sementara itu Senior Urban Development Specialist dari Bank Dunia Gayatri Singh mengatakan, kota-kota di Indonesia tumbuh dengan pesat sehingga harus ada upaya mendongkrak potensi kawasan perkotaan dan memanfaatkannya untuk kesejahteraan kota dan masyarakatnya.

    Gayatri Singh mengutarakan harapannya agar pemerintah Indonesia dapat memenuhi seluruh kesiapan administrasi dan teknis menjelang pelaksanaan NUDP di Indonesia.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id