Aturan PSBB Makin Membebani Sektor Properti

    Rizkie Fauzian - 09 April 2020 12:15 WIB
    Aturan PSBB Makin Membebani Sektor Properti
    Aturan PSBB mempersulit gerak sektor properti. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Langkah tersebut dinilai semakin membebani sektor properti.

    Head of Research Colliers Indonesia Ferry Salanto mengatakan PSBB ini dibuat sebagai bentuk dari imbauan pemerintah sebelumnya tentang menjaga jarak (physical distancing).

    "Artinya orang-orang harus tetap stay dirumah, ini saja dampaknya sudah dahsyat ke sektor properti. Ditambah dengan PSBB, kita tidak berharap banyak sektor properti bisa bangkit lebih cepat," jelasnya dalam video konferensi, Kamis, 9 April 2020.

    Padahal, pemerintah belum lama ini memberikan berbagai stimulus di sektor properti antara lain keringanan pembayaran kredit pemilikan rumah (KPR). Selain itu, Bank Indonesia (BI) juga telah menurunkan suku bunga acuannya.

    "Kita lihat sekarang suku bunga rendah, tapi saat ini konsumen bukan hanya mampu atau tidak, tapi mau atau tridak. Saat ini prioritasnya mungkin bukan untuk investasi atau beli rumah, itu bisa ditunda," jelasnya.

    Ferry menambahkan, saat kondisi di tengah korona seperti saat ini, maka kemungkinan konsumen akan memprioritaskan kebutuhan sehari-hari. Sehingga dengan aturan PSBB transaksi atau penjualan semakin berkurang.

    "Pengembang mau tidak mau harus menggunakan teknologi, beberapa pengembang sudah aktif di digital marketing sehingga ini bisa menjadi opportunity bagi pengembang," ungkap Ferry.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id