Kementerian PUPR Serahkan Pengelolaan Rusunawa Barito

    Antara - 03 Maret 2020 18:14 WIB
    Kementerian PUPR Serahkan Pengelolaan Rusunawa Barito
    Rusunawa di kompleks perumahan pegawai RSUD Muara Teweh
    Muara Teweh: Pengelolaan rusunawa di kompleks perumahan pegawai RSUD Muara Teweh bakal diserahterimakan kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Rusunawa sebanyak 42 unit tersebut memiliki tipe 36.

    "Pihak Kementerian PUPR dan Pemkab Barito Utara akan menandatangani serah terima rusunawa," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan Kabupaten Barito Utara Yaser Arapat di Muara Teweh, Selasa, 3 Maret 2020.

    Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Iwan Rusdani menyatakan penurunan tanah di lokasi rusunawa tidak mempengaruhi struktur bangunan. Pihaknya melakukan pengecekan lapangan terkait penurunan tanah tersebut.

    "Kondisi yang terjadi adalah penurunan rabat beton yang berfungsi sebagai jalan samping bangunan, itu bukan bagian dari struktur bangunan," jelasnya.

    Sementara itu, pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang ditambah dengan pondasi telapak yang menyambung dengan kolom dan balok yang menyatu dengan lantai beton bertulang, seperti rumah panggung.

    "Bangunan dijamin kokoh. Untuk menanggulangi gerusan tanah pada sisi bangunan nanti perlu dibuat dinding penahan tanah atau turap," kata Iwan.

    Untuk penanganan penurunan tanah disalah satu sisi bangunan rusunawa, pihaknya akan mencari solusi yang tepat dengan tetap mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku.

    "Apakah nanti penanganan dari langsung dari Kementerian PUPR ataupun dari Pemkab barito Utara, nanti kami lihat hasil penyerahan pada Kamis," ujar Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra.


    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id