Harga Rumah Kembali Naik Selama PPKM Darurat

    Rizkie Fauzian - 06 Agustus 2021 17:08 WIB
    Harga Rumah Kembali Naik Selama PPKM Darurat
    Selama PPKM darurat harga rumah kembali naik. Foto: Shutterstock



    Jakarta: Di tengah kelanjutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), indeks harga properti pada kuartal II-2021 mengalami kenaikan. Padahal dua kuartal sebelumnya mengalami penurunan.

    Country Manager Rumah.com Marine Novita menjelaskan, adanya kenaikan indeks harga menunjukkan telah terjadi rebound harga properti setelah mengalami penurunan pada dua kuartal secara beruntun. 

     



    "Selain itu peningkatan harga terus terjadi di segmen rumah tapak. Artinya, sebelum terjadinya lonjakan kasus covid-19 yang diiringi pemberlakuan PPKM Darurat, sebetulnya pasar properti telah menunjukkan sinyal positif di kuartal lalu," jelas Marine.

    Data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) pada kuartal II-2021 berada pada angka 112,8. Indeks ini naik sebesar 2,24 persen dibanding kuartal I-2021 (quarter-on quarter). Sementara secara tahunan (year-on-year), kenaikannya sebesar 1,97 persen.

    "Peningkatan ini menjadi kabar gembira bagi dunia properti. Pasalnya selama empat kuartal ke belakang, pasar properti di Indonesia cenderung melambat. Kendati demikian, penurunan indeks harga masih terlihat pada segmen apartemen," jelasnya.

    RIPMI-H untuk rumah tapak per kuartal II-2021 menempati angka 119, kembali naik sebesar 2,36 persen dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-on quarter). Jika dilihat secara tahunan, angka ini naik sebesar 3,61 persen. 

    Sementara itu, untuk apartemen indeks harga di kuartal kedua 2021 berada pada posisi 109,0, turun sebesar 0,83 persen secara kuartalan dan turun sebesar 4,40 persen secara tahunan.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id