Melalui Program Kotaku, Wajah Kampung Tua Pontianak Dipercantik

    Rizkie Fauzian - 06 Desember 2020 20:34 WIB
    Melalui Program Kotaku, Wajah Kampung Tua Pontianak Dipercantik
    Program Kotaku di Kampung Tua, Kota Pontianak. Foto: Kementerian PUPR



    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan perbaikan kualitas kawasan permukiman kumuh di perkotaan melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

    Program Kotaku dilaksanakan di Kampung Tua, Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat. Kawasan Kampung Tua yang berada di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.






    Kampung ini dikenal memiliki bangunan bersejarah dengan arsitektur bergaya rumah panggung. Program penataan ini sekaligus mengubah wajah kawasan kumuh yang sejalan dengan misi Kota Pontianak untuk menjadi kota pusaka.

    "Program Kotaku merupakan wujud kolaborasi antara Kementerian PUPR dan Pemda dalam mendorong dan memberdayakan masyarakat/warga setempat sebagai pelaku pembangunan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Minggu, 6 Desember 2020.

    Dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Barat, Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, kawasan yang ditata mencakup 9,79 km2, Kelurahan Dalam Bugis memiliki permasalahan pada infrastruktur drainase dan jalan.

    Pada TA 2020, dialokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk kegiatan Infrastruktur Skala Lingkungan (IBM) reguler berupa perbaikan saluran drainase 136 meter dan jalan lingkungan 163 meter serta penataan kawasan dengan tetap mempertahankan ciri khas sejarah Kota Pontianak.

    Penataan juga dilakukan pembersihan  sungai-sungai kecil yang sebelumnya kurang terawat dan dipenuhi sampah serta pengecatan dengan Corak Insang yang merupakan identitas lokal Kota Pontianak.

    Kelurahan Dalam Bugis merupakan salah satu dari tiga kelurahan di Kota Pontianak yang mendapat bantuan PKT Kotaku Kementerian PUPR. Dua kelurahan lainnya adalah Kelurahan Siantan Hulu, Kecamatan Pontianak Utara dan Kelurahan Sungai Jawi Luar, Kecamatan Pontianak Barat.

    Secara keseluruhan di Provinsi Kalimantan Barat program Kotaku menyasar 30 kelurahan dengan menyerap 1.020 tenaga kerja.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id