Ratusan Rumah Tak Layak Huni di Kalbar Diperbaiki

    Rizkie Fauzian - 07 Agustus 2020 09:58 WIB
    Ratusan Rumah Tak Layak Huni di Kalbar Diperbaiki
    Bedah rumah di kawasan Kalimantan. Foto: Kementerian PUPR
    Kalimantan: Ratusan rumah di Kabupaten Mempawah, Kalimantan barat mendapatkan bantuan perbaikan rumah melalui Program bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

    Kementerian Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berharap bantuan tersebut dapat mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di daerah.

    "Tahun ini bantuan perbaikan diberikan untuk untuk 146 rumah," ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Andy Suganda dalam keterangan tertulis, Jumat, 7 Agustus 2020.

    Dalam kegiatan tersebut, juga dilakukan pembongkaran rumah tidak layak huni milik masyarakat untuk ditingkatkan kualitasnya.

    Pihak BP2P Kalimantan I juga melakukan penyerahan buku tabungan Program BSPS kepada para calon penerima bantuan Program BSPS.

    "Pihak Kementerian PUPR bekerja sama dengan sejumlah bank penyalur dan nantinya bantuan akan diserahkan kepada penerima bantuan berupa bahan material bangunan serta upah tukang," jelasnya.

    Andy menerangkan, penyaluran Program BSPS tersebut tersebar di dua kecamatan antara lain Kecamatan Sungai Kunyit sebanyak 54 unit dan Kecamatan Mempawah Hilir sebanyak 92 unit.

    Penyaluran Program BSPS juga telah dilaksanakan Ditjen Perumahan pada 2019 lalu. Tercatat tahun lalu jumlah unit rumah yang mendapatkan bantuan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni sebanyak 390 unit rumah.

    "Kami ingin agar nantinya ada percontohan bahwa ada Kecamatan yang benar-benar tuntas dari rumah tidak layak huni," harapnya.

    Berdasarkan data yang ada, jumlah RTLH di Kabupaten Mempawah pada 2020 ini sebanyak 6.619 unit.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id