comscore

Harga Rumah Bisa Kembali Normal Tahun Depan, Asal...

Rizkie Fauzian - 30 Desember 2021 14:59 WIB
Harga Rumah Bisa Kembali Normal Tahun Depan, Asal...
Harga properti tahun depan diprediksi kembali normal. Foto: Shutterstock
Jakarta: Tren harga properti tahun depan dipredikasi akan berangsur normal. Harga properti sempat terpuruk selama beberapa tahun akibat pandemi covid-19.
 
Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI) mengindikasikan bahwa tren harga properti akan berangsur normal, dan meningkat pada setiap kuartal di 2022. 

Manager Rumah.com Marine Novita mengatakan harga properti bisa kembali normal dengan catatan bahwa Pemerintah mampu menjaga situasi ekonomi tetap kondusif.

 



"Serta melanjutkan kebijakan terkait properti dan ekonomi seperti restrukturisasi kredit, relaksasi LTV, dan terutama penurunan suku bunga," jelasnya dalam keterangan tertulis, Kamis, 30 Desember 2021.

Pemerintah terus mendorong industri properti di tanah air dengan serangkaian kebijakan dan stimulus, salah satunya dengan mengkaji rencana perpanjangan insentif kebijakan Pajak Pertambahan Nilai Ditanggung Pemerintah (PPN DTP) untuk sektor properti untuk tahun 2022 mendatang.

Sebelumnya Pemerintah juga telah melakukan perpanjangan kebijakan uang muka alias down payment (DP) nol persen yang diteruskan sampai dengan Desember 2022. 

Sementara itu, Bank Indonesia (BI) melalui Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 15-16 Desember 2021 lalu memutuskan untuk tetap mempertahankan tingkat suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 3,50 persen.

Marine menegaskan bahwa di tengah pandemi covid-19, sektor properti telah berhasil menunjukkan kinerjanya yang terbaik terutama dalam mendukung pertumbuhan perekonomian di Indonesia. 

"Pada saat banyak sektor usaha gulung tikar, sektor properti mampu bertahan dan tetap mencatatkan pertumbuhan positif,"ungkapnya.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id