Tingkatkan Daya Saing, Kementerian PUPR Seleksi Pengurus LPJK

    Antara - 22 September 2020 22:31 WIB
    Tingkatkan Daya Saing, Kementerian PUPR Seleksi Pengurus LPJK
    LPJK fokus pada penguatan pelaksanaan teknis jasa konstruksi. Foto: MI/Panca Syurkani
    Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai seleksi pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) periode 2021-2024 dalam rangka meningkatkan profesionalitas daya saing pelaku jasa konstruksi secara nasional dan global.

    Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan LPJK ke depan merupakan Lembaga Non Struktural di bawah Kementerian PUPR yang akan menjalankan sebagian tugas pemerintah.

    "LPJK fokus pada penguatan pelaksanaan teknis jasa konstruksi, tidak hanya registrasi dan akreditasi, namun juga penetapan penilai ahli, penyetaraan tenaga kerja asing serta pengelolaan program keprofesian berkelanjutan," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 September 2020.

    Menurutnya, untuk itu dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, LPJK membutuhkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, serta memiliki integritas dan profesional.

    Sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri PUPR Nomor 9/PRT/M/2020 tentang Pembentukan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK), yang menjadi titik tolak perubahan tata kelola lembaga yang nantinya akan bertanggung jawab penuh kepada Menteri PUPR.

    Pembentukan pengurus LPJK periode 2021-2024 dilaksanakan oleh Tim Panitia Seleksi yang dibentuk melalui Keputusan Menteri PUPR Nomor 489/KTPS/M/2020 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Pengurus LPJK Periode 2021-2024, yang terdiri dari Tim Kelompok Kerja (Pokja) Penilai Pengurus.

    Tugas dari Pokja Penilai Pengurus yaitu menetapkan prosedur rinci operasional standar penilaian dan penetapan pengurus yang lolos uji kelayakan dan kepatutan.

    Selain itu, merumuskan kriteria kelayakan hasil uji substansi dan kriteria kepatutan hasil uji psikologi, termasuk penetapan daftar calon peserta yang telah memenuhi syarat dan akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon pengurus LPJK periode 2021-2024.

    Kementerian PUPR selaku pembina jasa konstruksi nasional terus melakukan pembinaan dan peningkatan profesionalitas pelaku jasa konstruksi agar mampu tumbuh dan berdaya saing secara nasional dan global. Pembinaan pelaku jasa konstruksi salah satunya dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK).

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id