Subsidi Bunga Pertahankan Kemampuan Bayar Angsuran KPR

    Media Indonesia - 19 Mei 2020 17:15 WIB
    Subsidi Bunga Pertahankan Kemampuan Bayar Angsuran KPR
    Subsidi bunga KPR untuk pertahankan daya beli masyarakat. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Rencana pemerintah memberikan subsidi bunga untuk kredit konsumsi, termasuk untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dinilai sebagai langkah mitigasi untuk mempertahankan kemampuan konsumen dalam membayar angsuran KPR di tengah pandemi covid-19.

    "Dengan kata lain lebih pada pengamanan agar konsumen properti tetap dapat mengangsur KPR yang sudah dibiayai perbankan agar tidak menjadi kredit macet bagi perbankan," ungkap Wakil Ketua Umum DPP REI Bambang Eka Jaya kepada Media Indonesia, Selasa, 19 Mei 2020.

    Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda juga mengapresiasi kebijakan mitigasi itu. Ia meyakini kebijakan itu dapat membuat minat pasar properti menjadi bertambah.

    "Meski dampaknya belum persis diketahui karena banyak yang tidak fokus untuk membeli properti sekarang ini, saya yakin bagi kalangan menengah atas tetap memiliki daya beli," ujar Ali.

    Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menyampaikan perbankan masih memilih wait and see lebih dulu atas usulan beleid kebijakan itu.

    "Kami tengah mempelajari kebijakan terbaru, serta menyiapkan ketentuan internal sebagai aturan pelaksana kebijakan tersebut. Yang jelas kami sebagai bank milik pemerintah tentu akan mendukung penuh kebijakan OJK sebagai regulator," tutur dia.

    Pemerintah sedang menyusun beleid terkait subsidi bunga untuk kredit konsumsi. Nantinya target penerima subsidi bunga KPR dari pemerintah ialah tipe rumah 21 meter persegi, 22 meter persegi, hingga 70 meter persegi.

    Subsidi akan diberikan selama enam bulan sejak April hingga September 2020 dalam dua tahap untuk dua kategori. Pertama, bagi nilai kredit di bawah Rp500 juta diberikan subsidi bunga enam persen untuk tiga bulan pertama serta tiga persen pada tiga bulan berikutnya.

    Kedua, untuk nilai kredit di atas Rp500 juta hingga Rp10 miliar mendapatkan subsidi tiga persen untuk tiga bulan pertama dan dua persen untuk tiga bulan berikutnya.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id