Kementerian ATR Siapkan 200 Rencana Tata Ruang

    Rizkie Fauzian - 27 November 2020 21:23 WIB
    Kementerian ATR Siapkan 200 Rencana Tata Ruang
    Kementerian ATR siapkan rencana tata ruang di daerah untuk dorong perekonomian. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Dalam mendukung pembangunan Indonesia yang berkelanjutan tentunya dapat dicapai melalui berbagai aspek. Misal melalui aktivitas ekonomi, perbaikan regulasi, peran pemerintah dan sumber daya manusia bahkan teknologi dapat menjadi faktor penting di dalamnya.

    "Saat ini omnibus law dan tata ruang menjadi sangat penting," ujar Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil dalam keterangan tertulis, Jumat, 27 Novembr 2020.

    Lebih lanjut, Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan salah satu mandat dari Undang-Undang Cipta Kerja adalah melakukan integrasi untuk seluruh aktivitas ekonomi.

    "Salah satu hal yang mendesak dari omnibus law adalah mengintegrasikan kita untuk melakukan penataan ruang, karena tata ruang menjadi panduan dan referensi utama untuk seluruh aktivitas ekonomi," ujarnya.

    Paling tidak dalam dua tahun ke depan, Kementerian ATR harus mempersiapkan 200 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan fokus membentuk RDTR di area di mana perekonomian tumbuh secara cepat dan aktivitas investasi tinggi.

    Untuk mendukung hal tersebut, Sofyan mengatakan diperlukan profesi untuk mendukung aktivitas yang sedang dijalankan dengan menciptakan disiplin kadaster.

    "Negara ini terus maju ke depan, perekonomian terus berkembang dan pendapatan per kapita terus naik. Untuk itu peran dari profesional kadaster akan menjadi sangat penting karena akan mendukung program-program yang dimiliki Kementerian ATR seperti pendaftaran tanah dan digitalisasi," jelasnya.

    Dalam melakukan pendaftaran bidang tanah di seluruh Indonesia, Sofyan mengungkapkan telah menargetkan seluruh bidang tanah terdaftar pada tahun 2025.

    "Kami berharap bisa mencapai target tersebut melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Ini merupakan sistem pendaftaran yang lengkap dan dijalankan di setiap desa atau kota, untuk itu kita harus bekerja keras," kata ungkapnya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id