Bisnis Perhotelan Tingkatkan Kredit Macet

    Media Indonesia - 11 Mei 2020 22:07 WIB
    Bisnis Perhotelan Tingkatkan Kredit Macet
    Bisnis perhotelan berisiko tingkatkan kredit macet. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan sektor perhotelan menjadi salah satu yang mulai mengalami penurunan permintaan kredit hingga kredit macet akibat pandemi covid-19.

    Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso menjelaskan sektor-sektor lainnya antara lain perhotelan, transportasi dan restoran. Sektor-sektor tersebut terdampak karena pengunjung dan penggunanya turun drastis akibat pandemi.

    "Hotel penghuninya sudah berkurang banyak, transportasi sudah juga berhenti restoran juga sudah tidak ada pengunjungnya. Tapi ini semua kan bersifat sementara dan akan kita lihat kondisinya," ungkap Wimboh dalam video conference KSSK, Senin, 11 Mei 2020.

    Selain itu, kredit bermasalah atau non-performing loan (NPL) dari data dimiliki oleh OJK juga mencatatkan adanya kenaikan 2,77 persen dibanding posisi Desember 2019 sebesar 2,53 persen.

    "Beberapa sektor pendorong tingginya NPL yaitu transportasi, pengolahan, dan rumah tangga," sambungnya.

    Meskipun demikian Wimboh menambahkan, OJK melihat kredit-kredit sebetulnya masih tumbuh karena perusahaan-perusahaan tersebut mempunyai fasilitas kredit yang ada.

    "Kredit masih tumbuh karena perusahaan yang punya fasilitas masih menarik karena di kondisi ini mereka justru memerlukan tambahan kredit dimana fasilitasnya sudah ada dan ada yang sudah direncanakan sebelumnya harus jalan proyeknya dan ini tetap jalan," pungkas Wimboh.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id