Cegah Stunting, Wapres Minta Pengembang Perhatikan Sistem Sanitasi

    Annisa ayu artanti - 15 Februari 2020 15:13 WIB
    Cegah <i>Stunting</i>, Wapres Minta Pengembang Perhatikan Sistem Sanitasi
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin membuka IPEX 2020 - - Foto: Medcom/Annisa Ayu
    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta pengembang perumahan untuk memperhatikan ketersediaan air bersih dan sistem sanitasi. Upaya tersebut dipercaya dapat menekan risiko stunting.

    "Kami meminta kepada para pengembang perumahan, baik untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) maupun nonMBR, haruslah memperhatikan ketersediaan air bersih dan sistem sanitasi yang baik dalam pembangunan rumah," kata Ma'ruf saat membuka IPEX 2020 di Senayan JCC, Jakarta, Sabtu, 15 Februari 2020.

    Wapres mengatakan ketersediaan air bersih dan sistem sanitasi yang baik sangat berpengaruh terhadap risiko stunting. Apalagi angka stunting Tanah Air saat ini mencapai 26,7 persen.

    Sementara pemerintah berambisi menurunkan angka stunting hingga 14 persen. Dengan ditekannya risiko stunting akan menciptakan kebaikan bagi generasi yang akan datang.

    "Stunting kita 27 (persen) lebih, jadi ini targetnya cukup ambisius. Termasuk program penyediaan rumah. Sehingga memperkecil stunting," ucapnya.

    Sebelumnya, dalam Rakernas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Ma'ruf Amin mengatakan, target penurunan stunting ini tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

    Dalam upaya penurunan stunting tersebut, ia meminta semua pihak mendukung, termasuk pelaksana program keluarga berencana dan segala dimensinya.

    Tercatat pada 2019 lalu angka stunting di Tanah Air sudah mengalami penurunan mencapai 27,6 persen. Angka ini sudah turun dari 2013 lalu yang mencapai 37,2 persen.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id