Populer Properti, Rumah Peninggalan Masyarakat Tionghoa hingga Strategi BTN Pacu KPR

    Rizkie Fauzian - 06 Desember 2021 09:32 WIB
    Populer Properti, Rumah Peninggalan Masyarakat Tionghoa hingga Strategi BTN Pacu KPR
    Rumah kuno peninggalan orang Tionghoa yang jadi museum di Rembang. Foto: sim.ciptakarya.pu.go.id



    Jakarta: Beberapa berita di kanal properti Medcom.id menjadi sorotan pembaca. Di antaranya rumah kuno peninggalan orang Tionghoa yang jadi Museum Nyah Lasem hingga strategi BTN pacu penyaluran KPR.
     
    Berikut tiga berita terpopuler properti Medcom.id pada Minggu, 5 Desember 2021:

    1. Mengenal Rumah Gladak Jawa, Bangunan yang Jadi Museum Nyah Lasem

    Wilayah Kecamatan Lasem, yang dijuluki Tiongkok Kecil, berada sekitar 12 kilometer di timur Ibu Kota Kabupaten Rembang di  Provinsi Jawa Tengah. Di daerah yang disebut sebagai tempat awal pendaratan orang Tionghoa di Pulau Jawa itu banyak perkampungan dengan bangunan rumah kuno.
     
    Bangunan-bangunan kuno di antaranya bisa ditemui saat menyusuri perkampungan di Desa Karangturi, tempat rumah-rumah dengan tembok tinggi bergaya Tiongkok masih berdiri kokoh.
     
    Di Gang Karangturi V, Desa Karangturi, ada satu rumah yang menarik perhatian. Bangunan rumah kuno peninggalan keluarga Tionghoa dengan tembok bercat warna putih itu memiliki satu pintu kecil di bagian tengah dan satu gerbang di bagian kiri.

    Baca selengkapnya di sini

    2. Dorong Penyaluran KPR, BTN Gaet Agen Properti

    Untuk mengejar pencapaian penyaluran Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) tahun ini, PT Bank Tabungan Negara (BTN) berinovasi memperluas sayap pemasarannya dengan menggelar program KPR Agent atau disingkat “Kangen”.
     
    Program KPR ini diberikan kepada masyarakat, khususnya  investor properti yang membeli lewat agen real estate, baik itu KPR rumah baru atau rumah seken. Adapun hingga November 2021, BTN sudah membukukan penyaluran KPR program Kangen senilai hampir  Rp500 miliar. 
     
    Executive Vice President Nonsubsidized Mortgage & Personal Lending Division (NSLD) BTN Suryanti Agustinar mengatakan,  program Kangen diracik secara khusus tidak hanya  menguntungkan dan memudahkan investor, tapi juga memberikan apresiasi istimewa kepada agen real estate.
     
    Baca selengkapnya di sini 

    3. Kebutuhan Hunian Tinggi, Pemkab Bogor Bakal Bangun Rusun

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat menyiapkan opsi pembangunan rumah susun (rusun) untuk mengatasi tingginya kebutuhan hunian di wilayah perkotaan, yakni Cibinong Raya.
     
    "Mungkin karena dekat pusat pemerintahan juga kawasan Cibinong Raya ini," ungkap Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor Ajat Rohmat Jatnika di Cibinong, Bogor, Minggu, 5 Desember 2021.
     
    Menurutnya, dari total kebutuhan hunian sebanyak 122 ribu unit rumah di Kabupaten Bogor, lebih dari 50 persen perumahan ada di wilayah Cibinong Raya.
     
    Baca selengkapnya di sini
    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id