comscore

Masa Transisi Aplikasi SiPetruk hingga Desember 2021

Rizkie Fauzian - 02 Juli 2021 12:26 WIB
Masa Transisi Aplikasi SiPetruk hingga Desember 2021
Aplikasi SiPetruk. Foto: dok PPDPP.
Jakarta: Aplikasi Sistem Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) yang dikembangkan oleh Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mulai berlaku Juli 2021. Namun masa transisinya hingga Desember 2021.

Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan masa transisi tersebut digunakan untuk memperkaya data aplikasi SiPetruk yang menerapkan Artificial Intelligence (AI).
"Dengan menggunakan AI, tentunya SiPetruk membutuhkan banyak informasi sebagai database teknologinya sesuai standar yang digunakan," jelas Arief, dikutip dalam laman resmi PPDPP, Jumat, 2 Juli 2021.

Arief tidak memungkiri bahwa hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan aplikasi SiPetruk perlu untuk dilakukan masa transisi.

Kendati demikian, Arief juga sampaikan bahwa Direktorat Bina Konstruksi sebelumnya telah memberikan SKT (Sertifikat Keterampilan) kepada hampir 7.000 tenaga konstruksi di Indonesia.

"Ini harusnya sudah dapat mendukung pelaksanaan SiPetruk, karena relatif 1:1 apabila kita melihat data jumlah pengembang yang terdaftar di SiKumbang (Sistem Kumpulan Pengembang) yang mencapai 9.000," ujarnya.

Atas kondisi tersebut, Arief kemudian mengimbau kepada seluruh bank pelaksana penyalur KPR Sejahtera FLPP 2021 untuk tidak mensyaratkan terlebih dahulu kelengkapan SiPetruk kepada para pengembang di masa transisi tersebut.

"Rumah yang dibangun di Juli adalah rumah yang menggunakan SiPetruk, namun untuk tahap awal ini tidak menggugurkan," pungkas Arief.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id