Pemerintah Tiongkok Melarang Bangunan 'KW'

    Rizkie Fauzian - 15 Mei 2020 21:35 WIB
    Pemerintah Tiongkok Melarang Bangunan 'KW'
    Menara Eiffel tiruan di Tianducheng, Tiongkok. Foto: Amusingplanet.com/Fran├žois Prost
    Jakarta: Tiongkok dikenal sebagai negara yang sering meniru landmark atau bangunan ikonik dari negara lain. Misalnya Menara Eiffel yang bisa ditemukan di Tianducheng atau Sky City.

    Tak hanya itu, beberapa bangunan lainnya seperti London's Tower Bridge, Paris' Arc de Triomphe, dan Sydney's Opera House juga dapat ditemukan di negara tersebut.

    Baru-baru ini, pemerintah Tiongkok mengeluarkan aturan atau kebijakan terkait plagiarisme bangunan-bangunan di negara tersebut.

    Kebijakan tersebut dirilis oleh Ministry of Housing and Urban-Rural Development's dalam laman resminya. Kebijakan tersebut dibuat untuk memperkuat standar arsitektur di negara tersebut.

    "Untuk mewujudkan semangat kota, untuk menunjukkan gaya zaman, dan untuk menyoroti karakteristik Tiongkok, kami dengan ini memberitahukan hal-hal yang relevan sebagai berikut," kata kebijakan itu, dikutip Dezeen.

    Copycat Sangat Dilarang

    Dalam kebijakan tersebut ada panduan tentang desain dan konstruksi bangunan utama di negara tersebut, termasuk stadion kota, ruang pameran, museum, dan teater besar.

    "Untuk proyek-proyek berskala besar, dalam aturan tersebut melarang adanya plagiarisme, dan meniru karya orang lain," kata kebijakan itu.

    Belum lama ini, kompleks Wangjing Soho milik Zaha Hadid disalin oleh seorang pengembang di Chongqing. Dengan adanya kebijakan tersebut, maka tren meniru di negara tersebut tampaknya akan berakhir.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id