Wacana Penghapusan IMB Masih Dikaji

    Arga sumantri - 19 November 2019 20:04 WIB
    Wacana Penghapusan IMB Masih Dikaji
    Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil tiba di Kompleks Istana Kepresidenan. Aantara/Puspa Perwitasari
    Jakarta: Pemerintah masih mengkaji wacana penghapusan izin mendirikan bangunan (IMB). Wacana tersebut belum diputuskan. 

    "IMB ini bagaimana mekanisme, apakah akan dihapuskan, masih terus dilakukan studi," kata Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 19 November 2019. 

    Menurut Sofyan, pemerintah hanya ingin memastikan keberadaan IMB tak menyulitkan investasi. Kemudahan investasi bakal menentukan penciptaan lapangan kerja yang lebih banyak. 

    "Kita sangat membutuhkan pencipta lapangan kerja yang cepat. Salah satu pencipta lapangan kerja dilakukan melalui investasi," ujarnya. 

    Kalau memang tidak boleh dihapus, kata dia, proses pengurusan IMB harus lebih cepat. Percepatan bukan berarti melalaikan pengawasan dan penerapan standar investasi yang ketat. 

    "Di negara-negara lain itu pertimbangan itu sangat simple, tapi standarnya yang paling kuat dan kemudian pengawasan," ungkapnya. 

    Wacana penghapusan IMB dan analisis dampak lingkungan (Amdal) menuai beragam reaksi. Pemerintah beralasan rencana penghapusan tersebut merupakan salah satu langkah kemudahan investasi.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id