REI: Investor Asing Tetap Butuh Pengembang Daerah

    Media Indonesia.com - 17 September 2019 12:48 WIB
    REI: Investor Asing Tetap Butuh Pengembang Daerah
    Presiden FIABCI Asia Pasific Soelaeman Soemawinata. (Foto: MI/Mohamad Irfan)
    Jakarta: Program Sejuta Rumah diharapkan mendorong masuknya investasi asing ke sektor perumahan di Tanah Air. Beberapa negara asing telah menyatakan minat untuk berinvestasi di Indonesia.

    Presiden FIABCI Asia Pasific Soelaeman Soemawinata mengungkapkan pengusaha domestik tidak akan melihat investor asing sebagai saingan. Sebaliknya, pengusaha nasional justru mau berkolaborasi dalam membangun perumahan di Indonesia, khususnya segmen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

    "Para investor asing tidak dapat langsung masuk ke Indonesia, meski memiliki keunggulan dalam sejumlah aspek, seperti teknologi, perencanaan, bahkan keuangan. Penyebabnya, investor asing tidak mengetahui kearifan lokal yang berlaku. Dengan demikian, mereka membutuhkan para pengembang di daerah sebagai mitra," katanya.

    Dalam kongres FIABCI, Soelaeman menyampaikan program sejuta rumah dianggap sebagai program unggulan dari Indonesia. Program tersebut menjadi unggul lantaran merupakan penggagas model kerja sama pemerintah dan swasta dalam pembangunan perumahan rakyat.

    Ia mengungkapkan, pihaknya mengunjungi sejumlah negara di Asia Pasifik. Nyatanya, di negara kawasan tersebut belum memiliki program yang berkaitan dengan program rumah rakyat oleh pemerintah yang dilakukan swasta. Umumnya pengadaan rumah rakyat masih dilaksanakan pemerintah secara langsung tanpa melibatkan swasta.

    Padahal, imbuh Soelaeman, di negara dunia ketiga, pemerintah tidak memiliki cukup dana untuk membangun rumah. "Ini yang mereka minta agar Indonesia menjelaskan model ini ke negara-negara lain di Asia Pasifik," tutur Soelaeman.

    Presiden FIABCI Dunia Walid Moussa juga mengungkapkan program satu juta rumah di Indonesia sangat menarik karena pemerintah ikut turun tangan dalam pembangunan rumah bagi masyarakat. “Banyak pengembang melihat potensi di sektor perumahan di Indonesia,” katanya.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id