2020, Anggaran KPR FLPP Capai Rp9 Triliun

    Andhika Prasetyo - 13 Desember 2019 14:14 WIB
    2020, Anggaran KPR FLPP Capai Rp9 Triliun
    Anggaran KPR subsidi skema FLPP tahun depan capai Rp9 triliun. dok. Kementerian PUPR
    Jakarta: Pemerintah menganggarkan dana Rp9 triliun untuk program Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) pada 2020. Anggaran tersebut disiapkan untuk merealisasikan pembangunan sekitar 100 ribu rumah.

    "Tahun depan total anggaran KPR FLPP Rp9 triliun. Itu kita perkirakan untuk sekitar 100 ribu unit. Tapi tergantung situasi, bagaimana spesifikasi rumah yang dimintakan. Jadi bisa di atas, bisa di bawah 100 ribu unit," ujar Direktur Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Eko Djoeli Heripoerwanto di Jakarta, Jumat, 13 Desember 2019.

    Dana tersebut lebih tinggi dari biaya yang dianggarkan pada tahun ini yakni Rp7,1 triliun untuk kebutuhan 68 ribu unit. Permintaan yang sangat tinggi merupakan alasan utama pemerintah menaikkan anggaran program KPR FLPP tahun depan.

    "Karena tahun ini, dengan anggaran yang ditetapkan, ternyata tidak cukup," tuturnya.

    Sebelumnya, alokasi dana sebesar Rp7,1 triliun sudah habis pada awal paruh kedua tahun ini. Meskipun, dengan dana tersebut pemerintah bisa merealisasikan pembangunan rumah lebih banyak dari yang ditargetkan, jumlah itu masih belum mampu menutup permintaan masyarakat atas hunian.

    "Akhirnya kami siapkan tambahan Rp2 triliun. Kami perkirakan itu bisa menambah hingga 20 ribu unit rumah," ucap Heri.

    Dengan anggaran awal yang ditetapkan tahun ini, pembangunan perumahan yang terealisasi mencapai 76 ribu unit, lebih tinggi dari target yang dibidik sebanyak 68 ribu unit. Dengan tambahan yang dialokasikan pada akhir tahun ini, realisasi keseluruhan bisa mencapai 96 ribu unit.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id