Pemerintah Bangun Rumah Nelayan yang Rusak Terkena Abrasi

    Rizkie Fauzian - 30 Maret 2021 17:23 WIB
    Pemerintah Bangun Rumah Nelayan yang Rusak Terkena Abrasi
    Pemerintah membangun rumah bagi nelayan yang terkena abrasi pantai. Foto: Kementerian PUPR



    Kubu Raya: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun rumah bagi nelayan di Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Rumah-rumah nelayan tersebut rusak akibat abrasi pantai.

    Pada Desember 2020, wilatah tersebut diterpa gelombang besar dan meratakan 17 rumah warga, sedangkan 103 unit rumah nelayan lainnya terancam akan mengalami hal yang sama.






    Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR meninjau kesiapan lokasi pembangunan rumah khusus untuk nelayan tersebut. Rumah tersebut nantinya akan diperuntukkan bagi nelayan yang rumahnya rusak.

    "Kita memastikan kesiapan lokasi dan akan terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Camat dan Kepala Desa setempat termasuk kelengkapan administrasi," ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Kalimantan I Andy Suganda dalam keterangan tertulis, Selasa, 30 Maret 2021.

    Bantuan rumah khusus untuk para nelayan di Desa Kuala Karang, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya ini merupakan bagian dari Program Sejuta Rumah. Targetnya adalah untuk memenuhi kebutuhan rumah bagi nelayan yang menjadi korban gelombang besar  dan korban abrasi  pantai.

    "Desa Kuala Karang, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya merupakan daerah pinggir pantai yang berbatasan langsung dengan laut Jawa. Untuk menjangkau desa tersebut  mereka harus menempuh perjalanan yang tak mudah," jelasnya.

    Sebagai sarana tranportasi, warga dapat menggunakan kapal ataupun speed boat dari kecamatan terdekat kabupaten Kubu Raya dengan waktu tempuh dua hingga tiga jam perjalanan. 

    Sedangkan apabila menggunakan kendaraan roda dua warga harus menyeberangi dua buah sungai dan melawati jalan setapak dari Ibukota Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak. 

    Dalam kegiatan survey ini juga dilakukan pemutakhiran data jumlah penerima bantuan, rencana peruntukan lahan rumah khusus sesuai RTRW Kabupaten Kubu Raya, dan fasilitas pendukung yang ada di lokasi tersebut.

    Sementara itu,  Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Kabupaten Kubu Raya, Juni Wardhana mengusulkan relokasi sebanyak 120 unit rumah nelayan ini ke Kementerian PUPR melalui Wakil Ketua Komisi V DPR RI, H Syarief Abdullah Alkadrie.  

    "Lokasi pembangunan rumah khusus baru tersebut jauh dari pesisir pantai telah siap bangun. Kami harap proses pembangunannya bisa segera dimulai karena banyak nelayan yang sekarang masih mengungsi dan mereka sangat menunggu rumah khusus tersebut agar bisa segera pindah," jelasnya.


    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id