60 Ribu Calon Debitur Rumah Subsidi Diprioritaskan

    Rizkie Fauzian - 08 Januari 2021 20:04 WIB
    60 Ribu Calon Debitur Rumah Subsidi Diprioritaskan
    60 ribu calon debitur rumah subsidi belum ditindaklanjuti pihak perbankan. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mencatat masih ada 60 ribu calon debitur rumah subsidi di 2020 yang belum ditindaklanjuti pihak perbankan.

    "Perlu untuk segera dituntaskan terlebih dahulu sebelum mengajukan calon debitur 2021," ujar Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin dikutip dari laman resmi PPDPP, Jumat, 8 Januari 2021.

    Untuk itu, PPDPP akan memprioritaskan masyarakat yang telah mendaftarkan di aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) di 2020.

    Lebih lanjut Arief menjelaskan calon debitur yang terdaftar di SiKasep tersebut sebagian besar telah memilih lokasi perumahan dan telah lolos pada subsidi checking.

    "Tindak lanjut yang perlu dilakukan oleh bank pelaksana hanya tinggal memutuskan statusnya bankable atau tidak berdasarkan analisa resiko masing-masing bank pelaksana, dan menghubungi pengguna SiKasep tersebut," jelasnya.

    Sehingga masyarakat yang telah mendaftar di Sikasep tidak digantungkan menunggu kabar. PPDPP mengantongi data beberapa bank pelaksana masih memiliki "utang" tindak lanjut calon debitur SiKasep dengan waktu tunggu rata-rata mencapai 100 hari lebih.

    “Kami memprioritaskan yang telah terdaftar di 2020, bank pelaksana perlu didorong dengan asas keadilan dari budaya antri, siapa yang telah mendaftar dia yang dilayani lebih dahulu. Tentunya berdasarkan kondisi daerah. Setidaknya difollow up oleh bank pelaksana, meskipun nanti berujung pada pengguna tersebut dikonfirmasi bankable atau tidak" ungkap Arief.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id