Risha, Hunian bagi Korban Longsor Sumedang

    Rizkie Fauzian - 19 Februari 2021 19:10 WIB
    Risha, Hunian bagi Korban Longsor Sumedang
    Panel rumah instan sehat sederhana (RISHA). Ilustrasi: Kementerian PUPR



    Sumedang: Kementerian Pekerjaan Umum dan Peurmahan Rakyat (PUPR) berencana membangunan hunian bagi masyarakat yang menjadi korban bencana longsor di Sumedang.

    "Kami akan berupaya membantu masyarakat yang menjadi korban tanah longsor agar mereka kembali memiliki hunian yang layak dan aman," ujar Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Fitrah Nur dalam keterangan tertulis, Jumat, 19 Februari 2021.




    Rencananya Kementerian PUPR bersama pemerintah kabupaten Sumedang akan merelokasi masyarakat yang menjadi korban bencana tanah longsor ke sejumlah lokasi yang baru dan aman.

    Bantuan hunian menggunakan panel rumah instan sehat sederhana (RISHA). Adanya Risha diharapkan dapat menjadi solusi yang tepat untuk penyediaan hunian yang tepat karena dapat dibangun dengan waktu yang tidak terlalu lama.

    "Untuk penyediaan RISHA kami minta Pemda bisa menyediakan lokasinya. Beberapa syaratnya antara lain lokasi relokasi harus dalam kondisi lahan siap bangun, bebas dari risiko bencana alam dan luas lahan minimal 2.400 meter persegi," jelasnya.

    Fitrah menambahkan, koordinasi tersebut dilaksanakan guna menindaklanjuti surat Bupati Sumedang kepada Menteri PUPR Nomor: 978.2/392/Bapppp tanggal 18 Januari 2021 perihal Permohonan Dana Pembangunan Rumah Relokasi Korban Bencana di Kabupaten Sumedang. Selain itu,  Bupati Sumedang juga telah melakukan audiensi dengan  Dirjen Perumahan tanggal 9 Februari 2021 guna meminta penanganan pasca bencana di sektor perumahan.

    "Kami berharap pembangunan RISHA ini bisa segera dilaksanakan karena masyarakat sangat membutuhkan tempat tinggal pasca bencana. Apalagi banyak rumah warga yang rusak berat dan tidak dapat ditempati lagi," ungkapnya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id