Dampak Banjir terhadap Sektor Properti Sangat Minim

    Rizkie Fauzian - 08 Januari 2020 15:05 WIB
    Dampak Banjir terhadap Sektor Properti Sangat Minim
    Banjir melanda kawasan Jakarta. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah
    Jakarta: Bencana banjir yang melanda wilayah Jakarta dan sekitarnya dinilai tak memengaruhi sektor properti. Meski demikian, dampaknya hanya dirasakan dalam jangka pendek saja.

    "Secara umum, efek jangka pendek mungkin berasa. Tapi contohnya wilayah Kelapa Gading banjir, properti di sana tetap stabil," kata Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto di Jakarta, Rabu, 8 Januari 2020.

    Ferry menjelaskan dampak banjir sangat minim kepada sektor properti karena jumlah lahan khususnya di ibu kota tidak banyak. Sehingga bencana banjir dapat diantisipasi.

    "Misalnya di Kelapa Gading, infrastrukturnya sudah bagus, jadi efek banjir ini sesaat. Tapi harus ditangani dengan baik juga. Tapi biasanya tidak terbersit untuk pindah juga," jelasnya.

    Menurutnya, bencana banjir juga tidak membuat harga hunian turun. Pasalnya, di beberapa wilayah Jakarta seperti Kemang yang menjadi kawasan favorit tidak ada keinginan menjual hunian setelah banjir melanda.

    "Tidak akan turun. Mungkin ada beberapa daerah mungkin yang turun, tapi di daerah kemang atau kawasan di sekitar tersebut belum ada keinginan untuk menjual. Di situ sudah jadi kawasan favorit, mungkin untuk menarik calon pembeli mungkin harga diturunkan," ungkap Ferry.



    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id