2.477 Debitur Subsidi Selisih Bunga Cari Rumah via SiKasep

    Rizkie Fauzian - 16 Juni 2020 10:55 WIB
    2.477 Debitur Subsidi Selisih Bunga Cari Rumah via SiKasep
    2.477 debitur SSB mencari rumah melalui SiKasep. Foto: Shutterstock
    Jakarta: Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) mencatat penyaluran Subsidi Selisih Bunga (SSB) melalui aplikasi Sistem Informasi KPR Subsidi Perumahan (SiKasep) sebanyak 2.477 debitur.

    Direktur Utama PPDPP Arief Sabaruddin mengatakan sistem pada aplikasi SiKasep telah disinergikan dengan Ditjen Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan dalam hal proses verifikasi data penyaluran bantuan pembiayaan perumahan SSB.

    "Tercatat sejak Senin 8 Juni telah terdata sebanyak 2.477 debitur SSB yang diverifikasi menggunakan aplikasi SiKasep," katanya dikutip dari laman resmi PPDPP, Selasa, 16 Juni 2020.

    Dengan aplikasi SiKasep tersebut dapat memenuhi kebutuhan para generasi milenials yang menginginkan kecepatan dan kemudahan informasi dalam memilih dan membeli rumah yang mereka minati.

    "Ke depannya, SiKasep tidak hanya difungsikan untuk FLPP saja. Saat ini kami terus mengembangkan dan mensinergikan seluruh bantuan pembiayaan perumahan dari pemerintah," jelas Arief.

    Aplikasi SiKasep diluncurkan oleh PPDPP pada 19 Desember 2019 dan dapat diunduh secara gratis melalui playstore. SiKasep pada awal tahun 2020 telah beroperasi penuh menyalurkan bantuan pembiayaan perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

    "Untuk memastikan ketepatan sasaran, masyarakat yang ingin mencari dan mengajukan KPR FLPP harus menggunakan aplikasi SiKasep," ungkapnya.

    Pemerintah juga melibatkan peran serta pengembang dan bank pelaksana dalam seluruh proses bisnis pada SiKasep tersebut. Dimana selain pengembang memberikan data pasokan hunian, bank pelaksana juga mengawal masyarakat hingga melakukan proses akad.

    "Sehingga saat ini masyarakat tidak perlu untuk keluar rumah untuk mencari rumah idamannya, tentu saja ini sejalan dengan himbauan pemerintah untuk mengurangi kontak fisik dan cukup dari rumah saja," ujar Arief.

    (KIE)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id