comscore

Hunian Berkonsep 'Hutan Belantara' di Tengah Kota

Rizkie Fauzian - 21 Maret 2022 22:25 WIB
Hunian Berkonsep Hutan Belantara di Tengah Kota
Savyavasa Apartment dibanderol mulai Rp8 miliar. Foto: Savyavasa Apartment
Jakarta: Apakah Anda pernah mendengar istilah Shinrin Yoku dari Jepang? Ini adalah semacam terapi kesehatan yang diterjemahkan secara harfiah memiliki arti Forest Bathing (Mandi Hutan). 

Forest Bathing secara sederhana bisa dilakukan dengan pergi ke hutan untuk bersentuhan dengan alam. Aktivitas berjalan-jalan di hutan ini sudah menjadi tren di kalangan masyarakat perkotaan di Jepang sejak 1980-an. 
Praktik ini dipercaya dapat meredakan stres dari pekerjaan serta kehidupan kota yang dituntut serba cepat. Dalam pelaksanaannya, Anda akan memfokuskan pikiran pada suara burung, angin, atau aroma rumput. 

Anda juga diajak berjalan pelan-pelan menyusuri hutan sembari jari mereka menyentuh dedaunan dan batang-batang pohon yang dilewati sembari memandang hijaunya pepohonan dan birunya langit.

Untuk menyelami pengalaman yang menyenangkan ini disarankan agar perangkat elektronik maupun social media dinonaktifkan. Intinya adalah bersantai, melepaskan diri dari rutinitas, menikmati lingkungan, dan fokus pada alam.

Forest Bathing secara ilmiah terbukti menurunkan tekanan darah, menghilangkan stres, dan meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker, stroke, tukak lambung, depresi, kecemasan, dan stress berat dapat dicegah dengan Forest Bathing. 

Anda tidak harus ke hutan belantara sungguhan, cukup lakukan pendekatan dengan alam di lokasi mana pun, baik itu di taman rumah atau area jogging yang rindang. 

PT Jantra Swarna Dipta perusahaan joint venture JSI Group dan Swire Properties mengembangkan sebuah hunian apartemen di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Savyavasa Apartment merupakan hunian yang memprioritaskan privasi di tengah hiruk pikuk Jakarta. Nama Savyavasa berasal dari bahasa Sansekerta dan bermakna pada kehidupan di selatan.

Head of Swire Properties Indonesia & Vice President of PT Jantra Swarna Dipta Ainsley Mann mengatakan, konsep Savyavasa Apartment adalah hunian premium yang mengutamakan privasi, ketenangan, dan keseimbangan hidup.

"Lokasi yang strategis di Jakarta Selatan, menjadikannya sebagai investasi yang prospektif di masa depan," katanya dalam keterangan tertulis, Senin, 21 Maret 2022.

Savyavasa Apartment baru memulai pembangunan yang ditandai dengan groundbreaking. Apartemen ini berdiri di atas lahan seluas kurang lebih 3 hektar.

Saat rampung, apartemen ini akan memiliki tiga tower yang terdiri dari 431 unit apartemen dengan pilihan 2, 3, dan 4 kamar tidur. Adapun harga yang ditawarkan mulai Rp8 miliar.

Fitur unik Savyavasa termasuk ruang tamu dan ruang makan dengan plafon tinggi, fasilitas yang beragam yang terintegrasi dengan area apartemen, jalur jalan kaki sepanjang 1 km yang menggabungkan taman alam dan hutan kota. 

Sesuai dengan komitmen pengembang terhadap keberlanjutan lingkungan, Savyavasa akan menjadi proyek hunian pertama di Jakarta akan dibangun dengan standar Greenmark Gold.

Semua unit dilengkapi dengan integrasi teknologi sistem manajemen hunian cerdas, bekerja sama dengan mitra teknologi yang berbasis di Singapura, Habitap.

"Visi kami untuk properti ini menggabungkan kemewahan, desain fungsional, konsep rumah pintar, dan alam. Baik lokasi dan ukuran lahan benar-benar unik untuk lingkungan seperti hutan kota alami yang merupakan bagian penting dari pembangunan," kata Presiden Direktur JSI Group Jefri Darmadi.

Kontraktor internasional Taisei-CSC menjadi pemeran utama konstruksi proyek ini, didukung oleh pengalamannya secara global di bidang konstruksi bangunan dan perumahan.

"Melalui kemitraan ini, kami berharap konstruksi akan selesai sesuai jadwal pada akhir 2024 dan dibangun dengan standar internasional tertinggi," ujar Head of Swire Properties Indonesia dan Vice President Director PT Jantra Swarna Dipta Ainsley Mann. 

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id