Masyarakat Kelas Atas Lirik Rumah Menengah untuk Investasi

    Antara - 25 Februari 2021 12:42 WIB
    Masyarakat Kelas Atas Lirik Rumah Menengah untuk Investasi
    Rumah kelas menengah banyak dilirik masyarakat atas untuk investasi. Ilustrasi: Shutterstock



    Jakarta: Bank Indonesia (BI) menilai segmen rumah menengah dengan ukuran 22 hingga 70 meter persegi masih diminati dan menjadi pilihan masyarakat pada 2021.

    "Kami masih meyakini pada 2021 segmen rumah menengah masih akan menjadi favorit bagi masyarakat," ujar Deputi Direktur Departemen Kebijakan Makroprudensial BI, Kurniawan Agung dalam seminar daring di Jakarta, Kamis, 25 Februari 2021.






    Alasannya karena yang masuk segmen rumah ini bukan hanya konsumen kelas menengah melainkan juga konsumen kelas atas ikut tertarik untuk masuk di segmen rumah menengah.

    Pada umumnya ketertarikan konsumen kelas atas terhadap segmen rumah menengah untuk kepentingan investasi, membelikan rumah kedua bagi anaknya, dan sebagainya.

    Saat risiko kredit properti cenderung menurun di semester II-2020, KPR rumah tapak tipe menengah tumbuh meningkat di semester II tahun lalu, kendati demikian tipe lain masih terkontraksi.

    "Pertumbuhan KPR rumah tapak segmen menengah ini pada kuartal II-2020 sempat mencapai lima persen kemudian pada kuartal keempat justru naik menjadi 7,1 persen. Jadi cukup menjanjikan untuk segmen rumah menengah ini," katanya.

    Selain itu non performing loan (NPL) KPR rumah tapak segmen menengah ini juga cenderung membaik. NPL KPR rumah tapak untuk segmen menengah terakhir mencapai 2,2 persen pada Desember 2020.

    "Permintaan segmen rumah menengah di kalangan milenial kemungkinan masih akan cukup tinggi pada tahun ini," ujarnya.

    (KIE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id