comscore

Hunian Ramah Lingkungan Jadi Adaptasi Kebiasaan Pascapandemi

Rizkie Fauzian - 04 Januari 2022 16:35 WIB
Hunian Ramah Lingkungan Jadi Adaptasi Kebiasaan Pascapandemi
Condovillas dibangun dengan konsep ramah lingkungan. Foto: Summarecon Agung
Jakarta: Ketersediaan lahan di perkotaan yang semakin terbatas, membuat PT Summarecon Agung Tbk melalui Summarecon Serpong mengembangkan hunian dengan konsep berbeda. Ide pembuatan konsep hunian ini karena adanya kesenjangan produk properti yang ada di pasaran yakni rumah dan apartemen.

"Kami melihat bahwa gap tersebut perlu disesuaikan dengan kultur dan kebiasaan berhuni masyarakat Indonesia yang membawa kami dalam melahirkan konsep hunian baru dengan nama Condovilla," kata Executive Director Summarecon Serpong Magdalena Juliati dalam keterangan tertulis, Selasa, 4 Januari 2022.
Menurutnya, dengan inovasi berbeda, serta menjawab kebutuhan konsumen properti yang menjadi kunci sukses sehingga jenis produk properti baru ini dapat diterima oleh pasar dan shifting gaya hidup pascapandemi. 

"Tentunya kehadiran Rainbow Springs Condovillas sendiri memiliki sumbangan ekologis yang penting dan memiliki sustainability secara ekonomi, sosio-kultur dan lingkungan," jelasnya.

Konsep hunian condovilla ini merupakan wujud inovasi hunian residensial yang desainnya mengadaptasi kebiasaan hidup keluarga Indonesia yang dominan tinggal di landed house dan ditransformasikan ke dalam wujud hunian bertingkat rendah.

Selain itu, konsep bangunan yang adaptif terhadap iklim tropis Indonesia, terbukti cukup ideal untuk hunian dalam kondisi pandemik saat ini karena adanya bukaan pada setiap sisi bangunan sehingga udara dapat mengalir dengan baik.

Dengan inovasi tersebut, konsep hunian ini meraih dua penghargaan yaitu kategori Environment dan juga Residential Low Rise pada perhelatan FIABCI Indonesia-REI EXCELLENCE AWARDS 2021.

President Director Summarecon Adrianto P Adhi menambahkan Condovilla juga sekarang menjadi acuan bagi developer lain dan nampaknya akan menjadi jenis kategori produk properti yang baru di Indonesia. 

"Condovilla memadukan konsep condominium (hunian) dan villa (tempat untuk beristirahat). Diperkenalkan pertama kali pada masyarakat sebagai sebuah konsep hunian ramah untuk setiap kalangan, mulai dari balita hingga senior citizen, yang mulai dijual perdana pada November 2015," jelasnya.

Adrianto menuturkan, pihaknya menerima kunjungan dari Presiden Jokowi dan menjelaskan Condovillas sebagai hunian dengan konsep green building, revitalisasi danau hingga penggunaan energi terbarukan.

Meskipun merupakan hunian bertingkat, namun pada semua sisi ruang dari Condovilla mendapatkan akses langsung ke pemandangan asri luar ruang. Bukaan yang lebar terhadap sinar matahari dan aliran udara juga menjadi ciri khas yang melekat pada desain Condovilla. 

"Selain itu, setiap bangunan telah mempertimbangkan konsep sustainable development, penghematan dengan pemakaian teknologi yang hemat energi hingga bangunan yang didesain sebagai green building,"jelasnya.

Desain arsitektur bangunan juga mengutamakan pemakaian material ramah lingkungan dan semaksimal mungkin memakai yang bersertifikat green product.

Untuk mendukung terbentuknya ekosistem yang sehat, luas total bangunan di seluruh kawasan hanya 30 persen dari total luas kawasan. Sisanya, 50 persen untuk ruang terbuka hijau dan 20 persen berupa fasilitas (sarana), jalan, dan sirkulasi.

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id