comscore

Desain Rumah di Kota Besar dengan Lahan Terbatas

Rizkie Fauzian - 03 April 2022 10:31 WIB
Desain Rumah di Kota Besar dengan Lahan Terbatas
Desain rumah Maisonet di lahan terbatas. Foto: Kementerian PUPR
Jakarta: Pembangunan rumah di kota-kota besar semakin penuh dengan tantangan, salah satunya karena keterbatasan lahan. Hal tersebut membuat harga rumah di kawasan perkotaan sangat mahal dan sulit terjangkau.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mensosialisasikan tipologi rumah maisonet sebagai salah satu alternatif pembangunan rumah di lahan terbatas pada kota-kota besar di Indonesia.
Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Direktorat Jenderal Cipta Karya menyelenggarakan bedah buku dengan judul "Rumah Maisonet : Hunian pada Lahan Kecil".
Desain Rumah di Kota Besar dengan Lahan Terbatas
Desain rumah Maisonet di lahan terbatas. Foto: Kementerian PUPR

"Buku ini sangat bermanfaat khususnya untuk penyelenggara pembangunan infrastruktur, dan sebagai informasi terkait penyediaan hunian pada lahan terbatas bagi seluruh stakeholders," kata Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Menurutnya, model tipologi hunian maisonet muncul sebagai solusi pemenuhan kebutuhan hunian di kawasan perkotaan yang terhambat keterbatasan lahan sehingga berakibat pada ketersediaan dan harga hunian yang relatif tinggi. 

"Model tipologi ini dapat meningkatkan kepadatan bangunan dan penghuni sehingga pemanfaatan lahan menjadi lebih efisien,” jelas Diana. 
Desain Rumah di Kota Besar dengan Lahan Terbatas
Desain rumah Maisonet di lahan terbatas. Foto: Kementerian PUPR

Pada buku ini dibahas prinsip dan tipologi rumah maisonet dengan tetap mengacu pada regulasi dan standar yang berlaku. Ada beberapa desain rumah maisonet melalui konfigurasi penggunaan lahan yang jauh lebih efisien dibandingkan dengan kebutuhan rumah tapak yang ada, tanpa mengesampingkan elemen-elemen pendukungnya. 

Diana berharap teknologi ini dapat secara masif disosialisasikan kepada semua pihak yang terkait. Saat ini, Kementerian PUPR sudah memiliki regulasi yang mengatur tipologi rumah maisonet.

Antara lain SNI 03-6981-2004 mengenai Tata Cara Perencanaan Lingkungan Perumahan Sederhana Tidak Bersusun di DaerahPerkotaan dan Pedoman Teknis Nomor PD T-01-2005-C terkait Perencanaan Rumah Maisonet.  

"Kami berharap dengan hadirnya konsep-konsep yang inovatif seperti pada buku rumah maisonet ini dapat mendukung komitmen Kementerian PUPR dalam mewujudkan permukiman bebas kumuh dan penyediaan hunian yang terjangkau," ujar Diana. 

(KIE)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id