Hunian Tetap Korban Bencana Palu Rampung April

    Rizkie Fauzian - 21 Februari 2020 08:43 WIB
    Hunian Tetap Korban Bencana Palu Rampung April
    Hunian tetap korban bencana Palu rampung April. Foto: dok Kementerian PUPR.
    Palu: Pembangunan hunian tetap (Huntap) bagi korban bencana alam di Palu, Sulawesi Tengah diperkirakan rampung pada April 2020. Huntap tersebut dibangun di Kelurahan Duyu Kota Palu dan Desa Pombewe Kabupaten Sigi.

    "Kami targetkan pembangunan Huntap bagi korban bencana di Palu untuk tahap pertama akan selesai pada akhir April 2020," ujar Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Rezki Agung beberapa waktu lalu.

    Rezki Agung menerangkan Kementerian PUPR nantinya akan membangun sebanyak 630 huntap yang rinciannya yakni 400 unit hunian di Pombewe dan 230 unit di Duyu. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan kontraktor pelaksana pembangunan Huntap yakni PT Wijaya Karya Beton.

    "Kami telah menugaskan tenaga kerja yang memang ahli dalam pembangunan rumah serta memaksimalkan waktu dengan baik agar hunian tersebut cepat selesai dan nyaman untuk ditempati para korban bencana alam," ungkapnya.

    Untuk menyediakan hunian bagi para pengungsi di Palu akibat bencana gempa bumi dan likuifaksi, Kementerian PUPR membangun Huntap menggunakan teknologi Rumah Instan Sederhana Sehat (Risha) yang dikembangkan oleh Puslitbangkim Kementerian PUPR.

    Adapun tipe Huntap yang akan dibangun Kementerian PUPR nantinya adalah rumah berukuran tipe 36. Hunian tersebut akan dibangun di atas tanah seluas 150 meter persegi yakni berukuran 10 x 15 meter. Pemanfaatan teknologi Risha yang menggunakan panel dari beton diharapkan dapat membuat hunian tersebut lebih tahan terhadap guncangan gempa.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id